Ketua KNPI Kota Solok, “Jaminan Sukses” di Politik Masa Depan

Ketua KNPI Kota Solok, “Jaminan Sukses” di Politik Masa Depan

Jelang Pemilihan Ketua KNPI Kota Solok 2018-2021

  • Jaminan Sukses di Politik Masa Depan

Jabatan Ketua KNPI Kota Solok sungguh “seksi”. Terbukti, sejumlah mantan ketua, sukses menjadi tokoh politik. Mulai dari DPRD Kota Solok, DPRD Kabupaten Solok, DPRD Sumbar, DPD RI (senator), bahkan Walikota Solok.

Laporan RIJAL ISLAMY, Solok

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Solok akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) dengan agenda utama, pemilihan Ketua periode 2018-2021. Musda yang akan digelar di Hotel Taufina, Kota Solok, Sabtu-Minggu (10-11/11) tersebut, akan menggantikan ketua saat ini, Ramadhani Kirana Putra,  yang telah menjabat sejak tahun 2013. Dhani, terpilih menjadi Ketua KNPI Kota Solok menggantikan Nofi Candra. 

Merujuk pada catatan sejarah, jabatan Ketua KNPI Kota Solok, selalu menjadi tonggak sejarah baru secara personal, bagi ketua terpilih. Mantan ketua dan incumbent (petahana), selalu menjadi “tokoh penting”, di bidang politik. Ramadhani Kirana Putra, terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Solok periode 2014-2019. Pria santun tersebut, meraih suara terbanyak di daerah pemilihan (Dapil) Lubuk Sikarah, dengan raihan 1.270 suara sah.

Ketua KNPI sebelum Dhani, Nofi Candra, terpilih menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Dapil Sumbar. Di Pemilu 2014 tersebut, mantan ketua sebelumnya, Hardinalis Kobal, juga terpilih menjadi Anggota DPRD Kabupaten Solok dari Dapil 1 (Kecamatan Kubung, Gunung Talang dan IX Koto Sungai Lasi). Dalam prosesnya, Hardinalis akhirnya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Solok.

Zul Elfian Dt Tianso
Walikota Solok 2016-2021

Jika ditelusuri lebih lama lagi, sejumlah mantan Ketua KNPI Kota Solok juga menempati posisi strategis di Kota Solok. Baik di bidang politik, maupun birokrasi. Hendri Irawan Dt Tanbijo, tercatat pernah menjadi Anggota DPRD Sumbar periode 2004-2009. Bahkan, Walikota Solok saat ini, Zul Elfian Dt Tianso juga pernah tercatat sebagai Ketua KNPI Kota Solok, di samping juga sangat dikenal sebagai senior di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Uniknya, Zul Elfian, Hendri Irawan, Hardinalis Kobal dan Ramadhani Kirana Putra, juga pernah aktif di HMI. 

Menjelang Musda KNPI Kota Solok, Sabtu-Minggu (10-11/11) mendatang, sejumlah nama sudah bermunculan jauh-jauh hari. Mereka adalah S Surya Budi (mantan Ketua HMI Solok), Leo Murphy dari Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) Kota Solok, Muhammad Ali Hanafiah (pengurus KNPI periode sekarang), Anggi Saputra, Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Solok), dan Ivan Hatta Tanwir, pengusaha muda Kota Solok. Surya Budi dan Leo Murphy, saat ini juga sedang “mengadu peruntungan” pada Pemilu 17 April 2019 mendatang. Surya Budi maju dari Partai NasDem, sedangkan Leo maju dari PDI Perjuangan. Keduanya maju dari Dapil yang sama, yakni “Dapil Panas” Lubuk Sikarah.

Ketua DPD KNPI Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, menyatakan Musda kali ini akan diselingi dengan “Workshop Kepemudaan”. Dua keynote speaker (narasumber kunci) adalah Nofi Candra dan Ketua KNPI Sumbar yang juga Walikota Padang Panjang, Fadly Amran. Serta tokoh muda Sumbar Nurkhalis.

Hardinalis Kobal
Ketua DPRD Kabupaten Solok 2014-2019

Ramadhani berharap, Ketua dan pengurus KNPI Kota Solok yang baru nanti, agar tetap menjaga kerjasama yang dibangun selama ini dengan berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah. Dhani berharap, para bakal calon diharapkan mempunyai visi yang kuat dalam menggerakkan kaum muda menuju Kota Solok yang lebih baik.

“Sebagaimana yang ditegaskan oleh Ketua KNPI Sumbar, para bakal calon harus memenuhi persyaratan sesuai dengan AD/ART dan aturan perundang-undangan. Salah satunya adalah usia Ketua KNPI saat terpilih, maksimal 30 tahun. Kota Solok merupakan pilot project (percontohan) dalam penerapan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 Tentang kepemudaan,” ujarnya. 

Kepengurusan KNPI Kota Solok di bawah kepemimpinan Ramadhani Kirana Putra, telah banyak membuat gebrakan dengan berbasis kepemudaan di Kota Solok. Yakni berbagai iven tingkat lokal dan nasional. Belum lama ini, KNPI Kota Solok sukses dalam pelaksanaan acara dakwah bersama Ulama kondang yaitu Ustadz Abdul Somad (UAS), yang dihadiri puluhan ribu masyarakat.

Salah satu bakal calon Ketua KNPI Kota Solok, Surya Budi, menegaskan dirinya berencana maju di bursa. Mantan Ketua Umum HMI Cabang Solok periode 2010-2011 tersebut, mengusung misi “Pemuda Progresif Menyonsong Era Milenial; Sinergi Pemuda dalam Kebersamaan, Bersatu menuju Kemandirian”. Secara singkat Budi menuturkan bahwa tantangan terbesar buat anak muda Indonesia saat ini adalah selalu diragukan dan diremehkan. Anak muda dianggap miskin pengalaman, sehingga menyulitkan datangnya kepercayaan.

Surya Budi

“Padahal sejarah membuktikan setiap terjadi gelombang besar perubahan, anak muda selalu menjadi garda terdepan. Maka sekarang yang ditawarkan anak muda adalah perubahan di masa depan. Yakni tidak merasa nyaman dengan keadaan, dan merasa tenang dengan kemapanan. Anak muda harus meningkatkan kemampuan untuk pembuktian bisa menerima tongkat eatafet kepemimpinan demi masa depan bangsa, negara dan masyarakat yang lebih baik ke depannya,” ujarnya. (PN-001)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply