NasDem Sumbar Rekatkan Silaturahim dengan Warga Keturunan Suku Nias

NasDem Sumbar Rekatkan Silaturahim dengan Warga Keturunan Suku Nias

PADANG – Warga keturunan suku Nias di Kota Padang menegaskan komitmennya menyukseskan Pemilu serentak 17 April 2019. Hal itu terungkap saat sosialisasi calon legislatif Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sumbar di Tanjung Sabar, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Minggu (25/11). Sosialisasi tersebut dihadiri Caleg DPR RI Partai NasDem Dapil 1 Syamsu Rahim, Calon Senator (DPD RI) Tukiman, Caleg NasDem DPRD Sumbar Andreas Zebua, Caleg NasDem DPRD Kota Padang Theos Natal Halawa. Kedatangan rombongan, disambut hangat puluhan warga keturunan suku Nias di wilayah Tanjung Sabar. 

Calon DPR RI Partai NasDem Dapil 1 Syamsu Rahim menyatakan dirinya bersama rombongan sangat tersentuh dengan penerimaan masyarakat Tanjung Sabar, khususnya keturunan suku Nias. Syamsu Rahim berharap seluruh keturunan suku Nias untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu serentak 17 April 2019 nanti. Menurut mantan Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Walikota Solok dan Bupati Solok tersebut, Pemilu merupakan hak konstitusi warga negara, tanpa kecuali.

“Pemilu merupakan salah satu upaya mengangkat harkat dan martabat, serta nasib bangsa Indonesia ke depannya, termasuk Sumatera Barat. Yakni melalui saluran perwakilan terhadap legislatif dan presiden dan wakil presiden. Karena itu, seluruh masyarakat harus ikut serta menentukan masa depan bangsa ini. Kita memilih DPR RI, DPD RI, DPRD Sumbar, DPRD Kota Padang adalah untuk mengubah diri kita. Tidak hanya sebagai warga negara yang baik, tapi juga memperjuangkan hidup. Harus mempunyai cita-cita,” tegasnya. 

Lebih lanjut, Syamsu Rahim menyatakan pihaknya sengaja mengikutsertakan Caleg DPRD Sumbar Andreas Zebua dan Theos Natal Halawa dalam kunjungan tersebut. Andreas Zebua merupakan Caleg Partai NasDem untuk DPRD Sumbar dari daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 1, yang meliputi Kota Padang. Sedangkan Theos Natal Halawa merupakan Caleg Partai NasDem untuk DPRD Kota Padang Dapil 3 Kota Padang. Keduanya merupakan warga keturunan suku Nias yang memiliki peluang besar duduk di legislatif.

“Pak Andreas Zebua dan Pak Theos Natal Halawa merupakan warga keturunan suku Nias. Karena itu, warga keturunan suku Nias harus komit. Suara jangan terpecah. Agar ada perwakilan warga Nias di legislatif. Sehingga kebutuhan dan aspirasi warga keturunan suku Nias di Kota Padang dan Sumbar diperjuangkan oleh orang keturunan suku Nias sendiri,” ujar Ketua Dewan Pertimbangan DPW Partai NasDem Sumbar tersebut. 

Sementara itu, tokoh masyarakat keturunan suku Nias Sumbar, Apollo Waruhu, menyatakan pihaknya sangat terharu dan bangga dengan kunjungan Caleg Partai NasDem Sumbar dan calon senator (DPD) Tukiman ke komunitas keturunan suku Nias di Kota Padang. Pria yang juga seorang pendeta ini, menyatakan keturunan suku Nias di Kota Padang dan Sumbar sudah sangat membaur dengan masyarakat Minang dan keturunan suku lainnya. Pembauran tersebut terjalin tanpa membedakan keyakinan, pekerjaan dan suku.

“Kita adalah warga Kota Padang dan Sumbar. Kita adalah orang Padang,  keturunan Nias. Karena itu, mari kita membangun bersama. Hindari perselisihan, jaga stabilitas keamanan, lingkungan. Berpolitik dengan positif. Mari menjadi contoh yang baik dan membangun Sumbar menjadi lebih baik,” ungkapnya. 

Sementara itu, Calon Anggota DPD RI Tukiman menyatakan dirinya ingin menjalin satu rasa dengan warga keturunan suku Nias di Sumbar. Tukiman yang merupakan keturunan suku Jawa, berharap seluruh elemen untuk saling mendukung dan sama-sama berniat memajukan Sumbar.

“Kita sama-sama lahir dan besar di Sumbar. Menghirup udara, mencari nafkah dan hidup berbaur dengan masyarakat lainnya dengan mengedepankan kebersamaan, buka perbedaan. Karena itu, mari membangun Sumbar menjadi lebih baik. Perlu diingat, hanya kita yang bisa mengubah hidup dan kehidupan kita. Mari satukan rasa menuju kehidupan lebih baik,” ungkapnya. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply