Solok FC di Posisi Genting, Harus Menang Lawan PSID Jombang

Solok FC di Posisi Genting, Harus Menang Lawan PSID Jombang

CILACAP – Kesebelasan kebanggaan Solok Raya (Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan), Solok FC, harus melewati laga krusial menghadapi PSID Jombang di laga pamungkas Grup B Liga 3 PSSI, di Stadion Goentoer Darjono, Purbalingga, Jawa Tengah, sore nanti (1/12), pukul 15.00 WIB. Pandeka Gunung Talang (julukan Solok FC), dituntut meraih kemenangan untuk memastikan lolos ke babak 16 besar. Sementara, PSID Jombang, meski sudah dua kali kalah, tetap memiliki peluang, dengan syarat menang besar atas Solok FC dan di saat bersamaan, PSBL Langsa kalah dari PSCS Cilacap. Sehingga, laga nanti menjadi sangat krusial bagi kedua tim.

Klasemen Sementara Grup B Liga 3 PSSI putaran Nasional.

Grup B Liga 3 PSSI menjadi grup yang unik. Sebab, meski empat tim sudah memainkan masing-masing dua laga, belum satupun tim yang memastikan lolos ke babak 16 besar. Pimpinan klasemen, sekaligus tuan rumah Grup B, belum memastikan diri lolos. Bahkan, PSID Jombang yang sudah dua kali kalah dan tak punya poin, juga belum dipastikan tersingkir dan tetap memiliki peluang untuk lolos. Kok bisa? Untuk itu, mari kita hitung peluang keempat tim.

PSCS Cilacap memimpin klasemen sementara Grup B dengan mengoleksi 6 poin, hasil kemenangan 1-0 atas PSID Jombang dan 1-0 atas Solok FC. Peringkat kedua, ditempati Solok FC dengan koleksi 3 poin, hasil kemenangan 2-0 dari PSBL Langsa dan kalah 0-1 atas PSCS. PSBL Langsa bertengger di peringkat ketiga setelah kalah 0-2 atas Semen Padang dan menang 3-2 atas PSID Jombang. Sementara PSID Jombang, belum memiliki poin dan menjadi juru kunci usai kalah 0-1 atas PSCS Cilacap dan 2-3 dari PSBL Langsa. 

PSCS Cilacap, dengan tabungan 2 gol, akan lolos dan menjadi juara group, jika menang atau seri atas PSBL Langsa, apapun hasil Solok FC versus PSID Jombang. Jika kalah atas PSBL Langsa, PSCS tetap lolos, dengan syarat Solok FC memetik hasil seri atau kalah dari PSID.

Solok FC, memiliki selisih +1 gol (2-0 dan 0-1), akan lolos jika menang atas PSID Jombang, dan PSCS kontra PSBL berakhir imbang atau PSCS menang. Jika PSBL mengalahkan PSCS tak lebih dari 3 gol, Solok FC lolos jika mampu mengalahkan PSID. Jika seri, Solok FC tetap lolos, jika PSBL imbang atau kalah dari PSCS, sebab memiliki head to head lebih baik dari PSBL. Jika kalah, Solok FC juga tetap lolos jika tidak kalah lebih dari 2 gol dan di saat bersamaan PSBL juga kalah dari PSCS. 

PSBL Langsa, memiliki selisih -1 gol (0-2 dan 3-2) akan lolos jika menang atas PSCS dan Solok FC kalah atau imbang dengan PSID. Jika Solok FC menang dengan selisih dua gol atau lebih dari Persid, PSBL lolos jika menang lebih dari 3 gol atas PSCS. Jika PSBL seri, tim asal Aceh tersebut lolos jika Solok FC kalah dari PSID.

PSID Jombang, memiliki selisih -2 gol (0-1 dan 2-3), akan lolos jika menang dengan selisih 3 gol atau lebih, dan di waktu yang sama, PSBL kalah dari PSCS. Jika skenario itu terjadi, maka PSCS akan mengoleksi poin 9 dan tiga tim mengoleksi tiga poin yang sama. Sehingga, penentuan akan ditentukan oleh selisih gol. Jika menang 3 gol atau lebih, PSID akan menempati posisi runner up Grup B. 

Chief Executive Officer (CEO) Solok FC Verry Mulyadi, didampingi Sekretaris Umum Alfis Primatra, menyatakan pihaknya mengusung optimisme tinggi menghadapi laga pamungkas menghadapi PSID Jombang. Menurutnya, saat ini kelolosan timnya, tidak hanya ditentukan laga menghadapi Persid, tapi juga laga lainnya, PSBL Langsa versus PSCS Cilacap. Karena itu, Verry sudah menginstruksikan seluruh skuadnya untuk tampil all out. Pemilik VVC Futsal Kota Solok tersebut, juga sangat mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Solok Raya.

“Posisi kita tidak sepenuhnya aman. Karena, jika kita menang pun, kita belum tentu lolos, karena harus dibandingkan dengan laga PSBL melawan PSCS. Karena itu, kita harus menang dengan skor besar. Kita sangat mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Solok Raya, baik di kampung, maupun di perantauan. Meski begitu, kita tetap optimistis lolos ke babak 16 besar,” ujarnya.

Verry Mulyadi
CEO Solok FC

Sementara itu, pelatih PSID Jombang Heru Sunarno menyatakan pihaknya tetap akan berjuang meraih kemenangan. Meski peluang lolos sangat kecil, timnya akan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Sebab, peluang untuk lolos ke babak 16 besar masih ada.
“Peluang PSID masih ada, dengan syarat bisa menang besar atas Solok FC dan PSCS bisa mengalahkan PSBL. Di dua laga sebelumnya, kita tidak beruntung dan lengah di menit-menit akhir laga. Kami telah melakukan evaluasi, karena di menit-menit akhir koordinasi antar pemain lemah. Konsentrasi juga menurun, banyak yang harus diperbaiki terutama lini pertahanan,” ujar Heru. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply