8 Tim Pastikan Tiket 16 Besar Liga Champions Eropa

8 Tim Pastikan Tiket 16 Besar Liga Champions Eropa

DORTMUND – Sebanyak 8 tim memastikan tiket babak 16 Besar Liga Champions Eropa dinihari tadi. Kedelapan tim tersebut adalah Borussia Dortmund dan Atletico Madrid dari Grup A, Barcelona dan Tottenham Hotspur dari Grup B, Paris Saint Germain dan Liverpool dari Grup C, dan Porto dan Schalke dari Grup D. 

Grup A

Borussia Dortmund tampil sebagai juara Grup A usai mengalahkan AS Monaco 2-0. Di saat bersamaan, Atletico Madrid imbang 0-0 dengan Club Brugge. Pada laga di Stade Louis II, Rabu (12/12) dinihari WIB, Dortmund membuka keunggulan 1-0 lewat gol Raphael Guerreiro. Gol tersebut tercipta setelah Guerreiro menuntaskan umpan silang mendatar dari Maximilian Philipp.

Klub asal Jerman itu memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di babak kedua, tepatnya pada menit ke-88. Guerreiro melesakkan gol kedua dengan melepaskan tembakan keras dari jarak dekat usai memanfaatkan umpan Paco Alcacer. 

Monaco tak mampu memperkecil ketertinggalan hingga laga tuntas. Dortmund pun pulang dengan kemenangan 2-0 dan berhak menjadi juara Grup A dengan poin 13. Jumlah poin Dortmund sama seperti Atletico Madrid yang ada di posisi runner-up. Tim besutan Diego Simeone turun peringkat setelah imbang 0-0 atas Club Brugge di Jan Breydel Stadion pada waktu yang bersamaan.

Dortmund unggul head to head dengan Atletico setelah pada pertemuan pertama menang 4-0. Di pertemuan kedua Atletico berhasil membalas kekalahan, namun cuma menang dengan skor 2-0.

Club Brugge duduk di posisi ketiga dengan enam poin. Dia berhak melanjutkan perjalanannya ke Liga Europa, sementara Monaco terhenti di posisi buncit dengan satu poin. 

Grup B

Di kandang Barcelona, Nou Camp, Tottenham Hotspur memastikan diri melaju ke babak 16 besar setelah memaksa tuan rumah bermain imbang 1-1. Tottenham cukup kesulitan menghadapi Barcelona meski tak menurunkan tim intinya. Blaugrana berhasil mencetak gol cepat lewat Ousmane Dembele untuk memimpin 1-0 sampai paruh pertandingan.

Sementara itu, Tottenham banyak membuang peluang. Sampai akhirnya, pemain pengganti Lucas Moura muncul sebagai penyelamat untuk menciptakan gol penyama di menit-menit akhir. 

Dengan hasil ini, Tottenham finis runner-up di klasemen akhir Grup B dengan perolehan 8 poin. Spurs berhak mendampingi Barcelona, sekaligus menyingkirkan Inter Milan meski meraih angka yang sama usai bermain seri 1-1 dengan PSV Eindhoven. Mengingat, Tottenham unggul produktivitas gol tandang dalam head to head dengan Inter. 

Grup C

Keperkasaan Paris Saint Germain di Grup C tidak tertahankan. Di kandang Crvena Zvezda alias Red Star Belgrade, Les Parisien menang 4-1 di laga terakhir grup C. PSG menempati posisi teratas grup dengan 11 poin, unggul dua poin atas Liverpool di peringkat kedua. Napoli yang ada di urutan ketiga sekaligs tersisih meski memiliki angka serupa dengan Liverpool.

Bertandang ke Stadion Rajko Mitic, Rabu (12/12) dinihari WIB, trisula Kylian Mbappe-Neymar-Edinson Cavani masing-masing menyumbang satu gol untuk PSG. Mbappe tampil paling cemerlang setelah melengkapi performanya dengan menciptakan dua assist, sedangkan satu gol PSG lainnya dibuat Marquinhos.

Les Parisiens unggul dua gol di paruh pertama. Cavani memulai pesta gol PSG usai mencetak gol di menit kesembilan setelah memaksimalkan umpan tarik Mbappe dengan sontekan dari depan gawang. Keunggulan PSG baru bertambah di menit ke-40. Umpan diagonal Mbappe diterima Neymar, yang menyisir sisi kanan pertahanan Red Star. Setelah meliuk-liuk di kotak penalti lawan, Neymar mengakhiri dengan tembakan kaki kanan sehingga skor berubah 2-0. 

Di babak kedua, Red Star mampu memperkecil skor menjadi 1-2 di menit ke-56. Marko Gobeljic sukses membobol gawang yang dijaga Gianluigi Buffon usai memanfaatkan kesalahan clareance PSG.

Keunggulan itu bertahan kurang dari 20 menit. PSG makin jauh meninggalkan Red Star usai Marquinhos membukukan gol ketiga. Berawal dari tendangan bebas, Angel Di Maria mengirim bola lambung yang langsung disundul Marquinhos.

Mbappe memastikan kemenangan PSG dengan golnya di injury time. Umpan terobosan Neymar diterima dengan sempurna oleh Mbappe sebelum diteruskan dengan sepakan kaki kanan kencang. 

Di Anfield, Liverpool memastikan tiket lolos ke babak 16 besar setelah kemenangan 1-0 atas Napoli di matchday terakhir. Pada pertandingan grup C Liga Champions di Anfield, Rabu (12/12) dini hari WIB itu, Si Merah harus menang dengan skor 1-0 atau jika kebobolan, harus membuat selisih dua gol.

Agresivitas permainan pun diperlihatkan Liverpool sejak awal. Pada babak pertama The Reds benar-benar menguasai pertandingan. Serangan bertubi-tubi dilancarkan oleh Mohamed Salah dkk.

Di babak kedua, Napoli mulai mendapatkan momentumnya. Tapi, lini belakang serta Alisson Becker bermain apik. Hasil ini membuat Liverpool finis peringkat kedua dengan 9 poin. Sama dengan Napoli, tapi unggul produktivitas gol. 

Grup D

FC Porto lolos sebagai juara grup ke 16 besar ditemani oleh Schalke 04. Sebelumnya, Grup D terbilang sangat tricky, karena diisi tim-tim dengan kualitas setara. Ketiadaan tim-tim yang terbilang unggulan, membuat persaingan sangat terbuka. FC Porto benar-benar superior di grup ini. Mereka sudah dipastikan menjadi juara grup sebelum laga terakhir melawan Galatasaray.

Porto pun mampu menutup laga terakhir grup dengan sempurna saat mengalahkan Galatasaray 3-2 di Turk Telekom Arena, Selasa (11/12) malam WIB. Walau sudah tak menentukan, pertandingan berjalan menarik. Galatasaray memberikan perlawanan serius pada laga ini. Felipe Monteiro dan Moussa Marega membuat Porto unggul terlebih dahulu pada menit 17 dan 42. Galatasaray memperkecil kedudukan melalui Sofiane Feghouli jelang babak pertama berakhir. 

FC Porto mampu kembali membuat gol di menit ke-57 melalui Sergio Oliveira, sebelum Eren Derdiyok membuka asa Galatasaray di menit ke-65. Porto menang 3-2 dan menjadi juara grup dengan 16 poin, hasil lima menang dan satu imbang. Galatasaray yang cuma empat poin dan ada di posisi ketiga turun kasta ke babak 32 besar Liga Europa.

Porto ke babak gugur ditemani Schalke yang merebut tiket lolos usai menang 1-0 atas Lokomotiv Moskow di Veltins Arena. Gol kemenangan dibuat oleh Alessandro Schopf pada menit ke-91. Schalke lolos dengan 11 poin, sementara Lokomotiv jadi juru kunci dengan tiga poin. (*/rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply