Persija Juara Liga 1 2018, PSMS, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar Terdegradasi

Persija Juara Liga 1 2018, PSMS, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar Terdegradasi

JAKARTA – Tim Macan Kemayoran, Persija Jakarta tampil sebagai Juara Liga 1 2018. Klub ibukota tersebut mengunci titel keenamnya usai menang 2-1 atas Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Minggu (9/12). PSM Makassar yang menang besar 5-1 atas PSMS Medan di Stadion Mattoanging, Makassar, harus puas menempati posisi runner up. Di lain pihak, kekalahan Mitra Kukar dan PSMS Medan membuat kedua tim terdegradasi ke Liga 2. Satu tim lainnya, Sriwijaya FC juga terdegradasi usai di laga terakhir kemarin takluk 1-2 di kandang Arema FC.

Dua gol kemenangan Persija dicetak Marko Simic di menit ke-17 dan 60. Sementara gol balasan Mitra Kukar dicetak lewat sepakan keras Aldino Herdianto di menit ke-87. 

Di Stadion Mattoanging, Makassar, tuan rumah PSM sukses mencetak gol pertama lewat sepakan dari Sandro pada menit ke-14. Pada menit ke-16 Marc Klok sukses menggandakan keunggulan PSM menjadi 2-0 lewat sepakan tajam yang mengarah ke sisi kanan gawang PSMS Medan. Duka PSMS semakin dalam setelah setelah Marc Klok sukses mencetak gol ketiga untuk PSM pada menit ke-35. Babak pertama betakhir 4-0 setelah Rahmat Syamsuddin sukses menambah gol bagi Juku Eja di menit ke-43.

Seusai jeda, PSM langsung melakukan tekanan dan ingin menambah pundi-pundi gol. Hasilnya pada menit ke-51, Sandro kembali menambah pesta gol PSM menjadi 5-0 dengan tendangan jarak jauhnya. Tertinggal dengan jumlah gol yang banyak tak membuat PSMS menyerah dan perlahan melakukan serangan. Namun kuatnya pertahanan PSM membuat serangan PSMS terkesan sia-sia. 

Pada menit ke-67 laga sempat dihentikan karena ada oknum suporter yang sengaja menyalakan petasan dan flare. Kondisi stadion sempat rusuh dan para pemain ikut terjun ke tribune untuk menenangkan suporter. Akhirnya laga dilanjutkan dan PSMS berhasil memperkecil keunggulan menjadi 1-5 pada menit injury time. 

Sementara itu, dua tim yang juga terancam terdegradasi, Perseru Serui dan PS TIRA, akhirnya lolos dari lubang jarum. Hal itu berbekal hasil positif yang diraih kedua tim di laga pamungkas. Perseru Serui berhasil menang 2-0 di kandang saudara tuanya, Persipura Jayapura. Sementara PS TIRA yang dilatih Nilmaizar, berhasil menang telak 3-1 di kandang Pusamania Borneo FC. 

Dua gol kemenangan Perseru Serui dicetak H.I Isir di menit ke-11 dan S Escobar di menit ke-66. Sementara di kandang Pusamania Borneo FC, PS TIRA sukses leading 2-1 di babak pertama via dua gol R Rakic di menit ke-10 dan 36. Gol balasan tuan rumah dicetak R Alves di injury time babak pertama. Di babak kedua, anak asuh Nilmaizar memantapkan keunggulan menjadi 3-1 melalui gol yang dicetak Noviandani di menit ke-71. 

Sebagai Juara Liga 1 2018, Persija Jakarta berhak tampil di kualifikasi Liga Champion Asia. Jika mampu lolos kualifikasi, PSM Makassar dan peringkat ketiga, Bhayangkara FC akan menjadi wakil Indonesia di Liga AFC. Jika tidak lolos kualifikasi Liga Champion Asia, Indonesia hanya akan diwakili Persija Jakarta dan PSM Makassar di Liga AFC. 

Sementara, tiga slot yang ditinggalkan PSMS Medan, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar, akan diisi tiga tim yang promosi dari Liga 2. Ketiga tim tersebut adalah PSS Sleman, Semen Padang FC dan Kalteng Putra. (rijal islamy)

Hasil Liga 1 Pekan ke-34, Minggu (9/12) 

PSM Makassar 5-1 PSMS Medan
Persija Jakarta 2-1 Mitra Kukar
Arema FC 2-1 Sriwijaya FC
Persipura Jayapura 0-2 Perseru Serui
Pusamania Borneo 1-3 PS TIRA

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply