Persis Kota Solok Juara Piala Walikota Solok 2018

Persis Kota Solok Juara Piala Walikota Solok 2018
Para pemain dan offisial Persis Kota Solok merayakan kemenangan di laga pamungkas Turnamen Piala Walikota Solok 2018, yang berbuah juara.

SOLOK – Kesebelasan Persis Kota Solok meraih juara Turnamen Sepakbola Piala Walikota Solok, di Lapangan Merdeka Kota Solok, Senin (24/12). Kepastian juara tersebut diraih Persis usai menang 3-0 (2-0) atas PSPP Padang Panjang. Dengan hasil ini, Persis mengoleksi poin sempurna (9) dari tiga laga. Yakni menang 2-1 atas Persiju Sijunjung, menggulung Gasliko Limapuluh Kota 3-0 dan menyikat PSPP tiga gol tanpa balas. Sementara itu, Gasliko menempati peringkat kedua usai mengalahkan PSPP 4-3 dan Persiju 2-0. Persiju di posisi ketiga dengan tiga poin hasil kemenangan 2-0 atas PSPP.

Hasil ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Persis Kota Solok. Terutama dengan telah rampungnya Lapangan Merdeka Kota Solok yang menjadi home base (kandang) Persis. Tahun 2019 mendatang Persis juga berencana akan mengikuti Liga 3 PSSI Regional Sumbar. Hasil ini juga menjadi bekal berharga bagi tim yang populer pada tahun 1970-an hingga tahun 1990-an tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok Dodi Osmond (kanan) menyerahkan trofi jurara kedua kepada manajemen Gasliko Limapuluh Kota.

Wakil Walikota Solok Reinier, menyatakan turnamen ini merupakan momentum awal bagi kebangkitan sepakbola di Kota Solok, khususnya Persis Kota Solok. Mantan pemain andalan Persis Kota Solok tersebut menyatakan Pemko Solok siap men-support Persis untuk bertarung di level yang lebih tinggi nantinya. Reinier juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran panitia Piala Walikota Solok, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta semua pihak yang telah membantu suksesnya turnamen ini.

“Selamat kepada tim Persis Kota Solok. Ini merupakan momentum awal kebangkitan sepakbola di Kota Solok. Kita berharap, akan lebih banyak lagi kompetisi yang diikuti Persis. Baik di Kota Solok, maupun di luar Kota Solok dan di luar provinsi. Karena hanya dengan kompetisi lah, bakat da talenta sepakbola bisa terasah. Pada era tahun 1980-an, kompetisi antar klub dan antar daerah di Sumbar, termasuk di Kota Solok, sangat sering diadakan. Hasilnya, sejumlah pemain berbakat lahir. Apalagi, sekarang Lapangan Merdeka Kota Solok telah siap digunakan. Kita harapkan akan lebih banyak kompetisi dilaksanakan. Tidak hanya di level senior, tapi juga di tingkat kelompok umur,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Solok Irman Yefri Adang menyerahkan Trofi Tetap Turnamen Piala Walikota Solok 2018 kepada kapten Persis Kota Solok.

Reinier yang merupakan Ketua PSSI Kota Solok tersebut juga menyinggung tentang bangkitnya persepakbolaan Solok Raya di level nasional. Yakni dengan lolosnya Solok FC ke Liga 3 PSSI Putaran Nasional beberapa waktu lalu. Reinier menyebutkan bahwa hal itu menjadi peluang bagi bakat dan talenta sepakbola Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Sumbar untuk berkarier di sepakbola.

“Lolosnya Solok FC ke Liga 3 Nasional dan berhasil menembus babak 16 besar, merupakan sebuah peluang untuk calon pesepakbola pemula. Sehingga, tidak lagi perlu mendatangkan pemain dari luar provinsi apalagi luar negeri,” ungkapnya.

Wakil Walikota Solok Reinier (tengah) menyerahkan trofi bergilir Piala Walikota Solok 2018, disaksikan Kepala Dispora Kota Solok Dodi Osmond (dua dari kanan) dan Ketua Persis Kota Solok Andri Marant (paling kanan).

Ketua Panitia Pelaksana Dodi Osmond menyebutkan, pada gelaran turnamen ini, memang baru 4 klub di Sumbar yang berpartisipasi. Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok tersebut, ke depannya akan diundang sejumlah klub lainnya berlaga di Lapangan Merdeka Kota Solok. Meski begitu, tiga klub yang berpartisipasi dalam turnamen ini, merupakan klub besar dan memiliki sejarah di persepakbolaan Ranah Minang.

“Klub-klub kontestan merupakan klub dengan sejarah dan nama besar di Sumbar. Kita harapkan, ke depannya, akan lebih banyak lagi klub yang berpartisipasi,” ungkapnya.

Para pemain Persis Kota Solok bersama trofi Piala Walikota Solok 2018.

Sementara itu, Ketua Persis Kota Solok, Andri Marant, menyatakan gelar juara yang diraih pada turnamen ini memberikan semangat dan energi baru bagi persepakbolaan Kota Solok. Turnamen ini menurutnya juga memberikan motivasi bagi manajemen.

“Piala ini memberikan semangat dan makin meneguhkan komitmen kita untuk mengembalikan kejayaan dan nama besar Persis Kota Solok. Yakni Persis tetap eksis di level amatir. Sehingga, persepakbolaan Kota Solok ke depannya bisa lebih maju dan berkembang,” harapnya.

Andri Marant
Ketua Persis Kota Solok

Tokoh muda Kota Solok yang lekat dengan tagline “Solok Masa Depan” tersebut, menyatakan olahraga, khususnya sepakbola merupakan sarana menyiapkan generasi masa depan yang sehat, enerjik, cerdas dan berkarakter. Menurutnya, “Solok Masa Depan” merupakan upaya dan komitmen bagi generasi muda menyongsong masa depan Kota Solok yang lebih baik.

“Ini merupakan komitmen untuk membangun Kota Solok lebih baik ke depannya. Bahwa masa depan, juga merupakan tanggung jawab generasi muda saat ini. Mari kita kita songsong masa depan dengan penuh komitmen. Salah satunya dari sektor olahraga,” ungkap pria yang akrab dipanggil Erik dan Inyiak ini.

Para pemain dan offisial Persis Kota Solok merayakan kemenangan di laga pamungkas Turnamen Piala Walikota Solok 2018, yang berbuah juara.

Sebelum laga pamungkas, panitia menggelar pertandingan eksebisi yang mempertemukan Tim Pemko Solok versus TNI-Polri. Tim Pemko Solok dipimpin langsung Wakil Walikota Solok, Reinier, yang juga merupakan mantan pemain andalan Persis Kota Solok. Sedangkan Tim TNI-Polri yang berisi personel Kodim 0309/Solok dan Polres Solok Kota diisi para perwira kedua institusi. Yakni Dandim 0309/Solok Letkol ARH Priyo Iswahyudi, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Wakapolres Kompol Budi Prayitno, Kasat Sabhara AKP Poniman, Kasat Intelkam Iptu Luhur Fachri Utomo dan sejumlah perwira lainnya. Meski kedua kesebelasan saling serang, skor 0-0 bertahan hingga laga usai.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan mengharapkan Pemko Solok dan Persis Kota Solok lebih sering lagi menggelar kompetisi seperti ini. Menurut Kapolres bergelar Dt Pandeka Rajo Mudo tersebut, olahraga selalu bisa meningkatkan persaudaraan dan persatuan di masyarakat. Apalagi, sepakbola sebagai olahraga paling digemari di Kota Solok, Sumbar, Indonesia, bahkan dunia, terbukti mampu memberikan hiburan bagi masyarakat.

AKBP Dony Setiawan Dt Pandeka Rajo Mudo
Kapolres Solok Kota

“Kita bisa lihat sendiri betapa antusiasnya masyarakat menyaksikan laga sepakbola. Dihatapkan, dengan hiburan seperti ini, persaudaraan di masyarakat makin tinggi. Sehingga, Kota Solok menjadi daerah yang aman, tertib dan penuh kedamaian, serta membantu kami dalam upaya menjaga Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat),” ujarnya didampingi Dandim 0309/Solok Letkol ARH Priyo Iswahyudi. (rijal islamy)

 

Klasemen Akhir Piala Walikota Solok 2018

1. Persis       3 – 3 – 0 – 0  (8-1) — 9

2. Gasliko     3 – 2 – 0 – 1  (6-6) — 6

3. Persiju      3 – 1 – 0 – 1  (3-4) — 3

4. PSPP        3 – 0 – 0 – 3  (3-9) — 0

 

Hasil Lengkap Piala Walikota Solok 2018

Persis v Persiju 2-1

Gasliko v PSPP 4-3

Persis v Gasliko 3-0

Persiju v PSPP 2-0

Gasliko v Persiju 2 – 0

Persis v PSPP 3-0

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply