Tahun Baru Tanpa Narkoba, Miras dan Sweeping Ormas

Tahun Baru Tanpa Narkoba, Miras dan Sweeping Ormas

Apel Pasukan Operasi Lilin 2018

SOLOK – Tim Gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Denpom, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD dan Senkom menggelar apel pasukan Operasi Lilin 2018, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 di Mapolres Solok Kota, Jumat (21/12). Apel Pasukan dipimpin langsung Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, didampingi Dandim 0309/Solok Letkol ARH Priyo Iswahyudi, Kadis Perhubungan Kabupaten Solok Evanasri, Kasat Pol PP Kota Solok Bujang Putra, Ketua LKAAM Kota Solok Rusli Khatib Sulaiman, Bundo Kanduang Milda Murniyetti, serta pimpinan lembaga yang terlibat dalam pengamanan Operasi Lilin 2018.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan yang membacakan amanat Kapolri Jendral HM Tito Karnavian, menegaskan bahwa keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, merupakan tugas seluruh elemen masyarakat. Karena itu, Dony mengharapkan seluruh lembaga dan elemen yang terlibat dalam Operasi Lilin 2018 untuk bisa melakukan upaya preemtif dan preventif ke masyarakat.

“Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019, bukan hanya tugas kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub dan elemen yang terlibat Operasi Lilin. Namun yang lebih terpenting, adalah bagaimana seluruh elemen masyarakat, terutama tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat mampu menciptakan suasana aman dan nyaman. Kita berharap seluruh elemen terlibat aktif, sehingga masyarakat mendapatkan kenyamanan dan pelayanan,” ungkapnya.

Dony Setiawan juga menegaskan, bahwa dalam amanat Kapolri, ada yang berbeda dan menjadi penekanan khusus. Yakni, Natal 2018 dan pergantian tahun 2019 tanpa Narkoba, Miras dan tanpa sweeping (penyisiran) oleh organisasi kemasyarakatan (Ormas). Kapolres Dony Setiawan meminta seluruh elemen masyarakat agar hal ini tidak dipolitisir dan jangan sampai menjadi fitnah.

“Khusus terhadap larangan sweeping oleh Ormas, kami sangat meminta tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama untuk membantu kami. Yakni memberikan pengertian dan pemahaman kepada Ormas dan seluruh masyarakat agar mempercayakan pengamanan dan penindakan kepada aparat berwenang. Sebab, tidak ada yang boleh melakukan tindakan main hakim sendiri tanpa pendampingan dari aparat penegak hukum. Serta yang paling penting, larangan ini jangan dipolitisir dan menjadi fitnah. Kami sangat memohon peran aktif dari tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama,” harapnya.

Kabag Ops Polres Solok Kota Kompol Bresman Simanjuntak menyatakan sebanyak 308 personel akan terlibat Operasi Lilin 2018. Terdiri dari 178 polisi, 50 TNI, 40 dari Dishub 40, dan 40 personel Satpol PP. Bresman juga menyatakan sejumlah titik akan mendapatkan perhatian khusus pada malam pergantian tahun 2019. Di antaranya Kawasan di sepanjang tepian Singkarak dan pusat Kota Solok. Dua pos pengamanan akan didirikan di depan Taman Syech Kukut (Taman Kota) dan di Dermaga Singkarak.

“Selain dua pos pengamanan, kita juga akan melakukan patroli mobile. Baik menggunakan roda empat, maupun roda dua,” ujarnya.

Untuk menghindari penumpukan massa di seputaran Pasaraya Solok, Polres Solok Kota bersama Kodim 0309/Solok juga akan menggelar acara hiburan di Lapangan Merdeka Kota Solok. Menurutnya, hal ini ditujukan untuk pemecahan konsentrasi massa. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply