Dekatkan Layanan ke Masyarakat, Polres Solok Kota Buka SPKT Mobile untuk Pengurusan SIM di Taman Syech Kukut

Dekatkan Layanan ke Masyarakat, Polres Solok Kota Buka SPKT Mobile untuk Pengurusan SIM di Taman Syech Kukut

Polres Solok Kota Buka SPKT Mobile di Taman Syech Kukut

* Pengurusan SIM Baru dan Perpanjangan

SOLOK – Warga Kota Solok dan Kabupaten Solok yang berada di wilayah hukum Polres Solok Kota, kini tidak harus ke Kantor Polres Solok Kota untuk membuat atau memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Polres Solok Kota menghadirkan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mobile di depan Taman Syech Kukut (Taman Kota) Solok. SPKT Mobile melayani pembuatan SIM baru ataupun perpanjangan SIM A atau SIM C. SPKT Mobile dari Sat Lantas Polres Solok Kota ini, merupakan inovasi baru layanan Polres kepada masyarakat. 

Layanan ini sangat menarik perhatian masyarakat, karena Polres Solok Kota menghadirkan layanan tersebut di hari libur kantor. Yakni pada Sabtu malam dan Minggu pagi. Sehingga, para pelajar, pegawai kantoran, guru, dan pegawai bisa mengurus SIM tanpa harus meninggalkan pekerjaannya.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, saat menyambangi SPKT Mobile di depan Taman Syech Kukut, Sabtu malam (5/1), menyatakan kehadiran SPKT Mobile ini merupakan peningkatan pelayanan. Menurutnya, hal ini juga tidak terlepas dari motivasi dan target meraih prediket Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Sebelumnya Polres Solok Kota pada 10 Desember lalu telah meraih prediket Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK). 

“SPKT Mobile ini merupakan upaya kita untuk mendekatkan layanan ke masyarakat. Jadi, tidak selamanya kita didatangi oleh masyarakat. Tapi juga harus ada saatnya kita yang datang ke masyarakat dan melayani mereka. Alhamdulillah, animo masyarakat sangat tinggi dengan hadirnya layanan ini. Terbukti, ada sebanyak 60 masyarakat yang datang ke SPKT Mobile sejak dibuka pada jam 7 malam hingga ditutup pada pukul 10 malam,” ungkapnya.

Dalam kunjungan Kapolres ke SPKT Mobile tersebut, tercatat sebanyak 22 orang masyarakat menggunakan layanan SIM ini. Dari 22 orang tersebut, sebanyak 14 orang dinyatakan lulus dan 8 orang tidak lulus. Terdiri dari SIM A baru sebanyak 3 orang, SIM C baru 6 orang, SIM A perpanjangan 2 orang dan SIM C perpanjangan sebanyak 3 orang. Para pemohon, baik SIM baru maupun SIM perpanjangan langsung mengikuti ujian tulis dan ujian praktik di Taman Syech Kukut. Pelaksanaan ujian dan kehadiran Kapolres Dony Setiawan ikut menarik perhatian masyarakat yang mengunjungi Taman Syech Kukut untuk bermalam minggu bersama keluarga. 

“Ke depannya, pelayanan SPKT Mobile ini akan dijadikan rutinitas setiap malam Minggu dan Minggu pagi di depan Taman Syech Kukut. Semoga masyarakat semakin mendapatkan beragam kemudahan dari kepolisian,” lanjutnya.

Kasat Lantas Polres Solok Kota Iptu Sugeng Riadi, menyatakan selain SPKT Mobile di depan Syech Kukut ini, Sat Lantas ke depannya juga akan menghadirkan layanan pembuatan dan perpanjangan SIM di sekolah-sekolah. Tahap awal menurutnya, SMAN 1 dan SMKN 1 Kota Solok akan menjadi sekolah perdana yang akan dikunjungi Sat Lantas. Layanan tersebut bisa diikuti oleh siswa, guru maupun pegawai sekolah. 

“Selama ini, banyak keluhan dari siswa, maupun dari guru dan pegawai, bahwa mereka tidak punya waktu untuk ke Sat Lantas. Sebab, sekolah dari pagi dan saat pulang, layanan Sat Lantas di Polres sudah ditutup. Sehingga, dengan mendatangi mereka ke sekolah, seluruh siswa, pegawai dan guru bisa memanfaatkan layanan ini, tanpa meninggalkan pekerjaan mereka,” ujarnya.

SPKT Mobile di Taman Syech Kukut Kota Solok ini hadir untuk kali keenam. Namun, SPKT mobile dengan pelayanan pengurusan SIM baru pertama kali pada Sabtu malam (5/1). Pelayanan dibuka setelah waktu Shalat Maghrib, dan ditutup pukul 22.00 WIB. Sementara untuk Minggu pagi, pelayanan sudah dibuka sejak pukul 07.00 WIB dan ditutup pada pukul 10.00 WIB. Bagi yang dinyatakan lulus ujian teori dan praktik, langsung diterbitkan SIM. Sementara bagi yang tidak lulus, langsung mengikuti bimbingan tes dan mengikuti tes di kesempatan berikutnya. 

Pelaksanaan SPKT mobile pada Minggu pagi (6/1), langsung diserbu masyarakat sejak pagi. Apalagi, di setiap Minggu pagi, jalan di depan Taman Syech Kukut hingga ke Simpang Dempal, merupakan zona Car Free Day. Masyarakat juga sangat ramai mengikuti senam bersama. Sehingga, hadirnya SPKT Mobile ini, dimanfaatkan masyarakat membuat dan melakukan perpanjangan SIM. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply