Empat Tim (Lagi), Adu Nasib Petang Nanti

Empat Tim (Lagi), Adu Nasib Petang Nanti

* Minangkabau Cup Kabupaten Solok

Kubung, Gunung Talang, Singkarak dan Junjung Sirih Lolos ke Delapan Besar

SOLOK – Dua zona Turnamen Minangkabau Kabau Cup Kabupaten Solok, telah menuntaskan seluruh pertandingan. Hasilnya, empat tim telah memastikan 4 tiket babak delapan besar, Rabu (16/1). Keempat tim tersebut adalah Kecanatan Kubung dan Gunung Talang dari Zona I, serta Singkarak dan Junjung Sirih dari Zona II. Kedua zona tersebut menuntaskan laga lebih awal karena terdiri dari tiga tim. Sementara, dua zona lainnya, terdiri dari empat tim, akan menuntaskan laga pamungkas sore nanti.

Laga Gunung Talang versus Sungai Lasi, Rabu (16/1).

Di Zona I, kesebelasan Kecamatan Gunung Talang akhirnya lolos dari lubang jarum setelah pada partai terakhir, menang tipis 1-0 atas Kecamatan Sungai Lasi, pada laga yang dihelat di Lapangan Harimau Data, Tabek Dangka, Nagari Talang, Rabu petang (16/1). Kecamatan Gunung Talang mendampingi Kecamatan Kubung yang menjadi juara Zona I.

Di Zona II, Kecamatan X Koto Singkarak dan Junjuang Sirih juga memastikan tempat di babak delapan besar. Kecamatan Singkarak, tampil sebagai juara grup, setelah mempedaya Junjung Surih dengan skor tipis 1-0. Meski kalah, Junjung Sirih tetap lolos, setelah di laga pertama menang atas Kecamatan X Koto Diatas.

Di Zona III, Kecamatan Bukit Sundi memimpin klasemen setelah menang 3-0 atas Payung Sekaki dan membantai Tigo Lurah 6-1. Posisi kedua ditempati Payung Sekaki setelah kalah 0-3 atas Bukit Sundi dan menang 4-0 atas Lembang Jaya. Sementara posisi ketiga dihuni Lembang Jaya usai menang 1-0 atas Tigo Lurah dan kalah 0-4 atas Payung Sekaki.

Di Zona IV, terjadi persaingan ketat untuk lolos ke babak 8 besar. Di laga kedua, Pantai Cermin dipedaya Danau Kembar 2-1 dan Hiliran Gumanti menang tipis 1-0 atas Lembah Gumanti. Dengan hasil tersebut, Hiliran Gumanti memimpin bersama Danau Kembar dengan 4 poin, hasil satu kali kemenangan dan sekali imbang. Namun Hiliran Gumanti unggul selisih gol. Pantai Cermin berada dijuru kunci dengan 0 poin setelah mengalami dua kali kekalahan.

Kesebelasan Payung Sekaki jelang laga perdana Minangkabau Cup Zona III Kabupaten Solok di Lapangan Limau Puruik, Muaro Paneh, Senin (14/1).

Petang nanti, Zona III akan mementaskan laga pamungkas antara tuan rumah Bukit Sundi versus Lembang Jaya dan Payung Sekaki menghadapi Tigo Lurah. Laga akan dihelat di Lapangan Limau Puruik, Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi. Tuan rumah Bukit Sundi berada di atas angin, karena hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara grup. Kalah pun, Bukit Sundi tetap lolos asal tidak kalah dengan selisih 8 gol dari Lembang Jaya.

Kesebelasan Lembang Jaya berada dalam posisi terjepit, karena selain dituntut menang atas Bukit Sundi, juga berharap Payung Sekaki tidak menang atas juru kunci, Tigo Lurah. Payung Sekaki, akan lolos jika menang atas Tigo Lurah, atau meraih hasil sama dengan laga Bukit Sundi versus Lembang Jaya. Meski nyaris mustahil, Tigo Lurah tetap punya peluang lolos, dengan syarat bisa menang minimal selisih 6 gol atas Payung Sekaki dan Lembang Jaya dikalahkan Bukit Sundi. 

Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Solok yang juga Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, menyatakan pihaknya sangat bangga, Minangkabau Cup akhirnya bisa digelar di Kabupaten Solok. Menurutnya, turnamen ini mampu membangkitkan kembali gairah persepakbolaan di Kabupaten Solok. Yulfadri juga berharap, hasil dari Minangkabau Cup Kabupaten Solok ini akan mampu meraih prestasi tertinggi di Minangkabau Cup tingkat Sumbar.

“Animo masyarakat luar biasa. Kabupaten Solok adalah daerah yang gila bola. Karena itu, kita berharap talenta dan bakat persepakbolaan di Kabupaten Solok bisa terus terasah dan menorehkan prestasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, pembukaan turnamen sepakbola paling bergengsi di Sumbar, Munangkabau Cup resmi ditabuh di Kabupaten Solok pada Senin (14/1). Penyelenggaraan ini hanya berlangsung hitungan hari sejak Askab PSSI Kabupaten Solok terbentuk pada akhur Desember 2018 lalu. Babak penyisihan dibagi menjadi 4 zona di Kabupaten Solok.

Minangkabau Cup yang merupakan turnamen sepakbola antar Kecamatan dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar tersebut, sudah di-launching oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, pada 15 Desember 2018 lalu di GOR H Agus Salim, Kota Padang. Partai Grand Final rencananya akan digelar pada 23 Maret 2019 mendatang. 

Sementara itu, Ketua Panpel Minangkabau Cup di Kabupaten Solok, Sofriwandi mengatakan, Minangkabau Cup di Kabupaten Solok ditujukan untuk menggairahkan kembali persepakbolaan di negeri penghasil beras ternama tersebut.

“Turnamen Minangkabau Cup digelat untuk mencari bibit-bibit pemain muda potensial masa depan. Minangkabau Cup merupakan sarana menggairahkan kembali sepakbola Kabupaten Solok. Sekaligus membangkitkan bakat dan talenta sepakbola di Kabupaten Solok. Sehingga, maayarakat Kabupaten Solok yang sangat mencintai sepakbola, bisa memiliki tim yang tangguh dan bisa berbicara di tingkat Sumbar dan nasional,” ujarnya.

Sofriwandi menyebutkan, 14 tim dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Solok dibagi dalam 4 zona atau wilayah. Zona I yang terdiri dari tiga kecamatan di Dapil I Kabupaten Solok, meliputi Kecamatan Kubung, Gunung Talang dan Sungai Lasi.

Kemudian Zona II meliputi Kecamatan X Koto Singkarak, X Koto Diatas dan Junjung Sirih. Zona III meliputi Kecamatan Bukit Sundi, Payung Sekaki,  Lembang Jaya dan Tigo Lurah. Terakhir, Zona IV meliputi Dapil IV DPRD Kabupaten Solok terdiri atas Kecamatan Pantai Cermin, Lembah Gumanti, Hiliran Gumanti dan Danau Kembar.

Babak penyisihan akan digelar pada 14 – 20 Januari dengan sistem setengah kompetisi. Juara dan Runer Up lolos ke Babak Delapan Besar dan menjalani siatem gugur pada 21 – 22 Januari. Babak semifinal digelar pada 23 Januari dan grand final digelar pada 25 Januari 2018. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply