Siswi MTsN 3 Solok Raih Peringkat ke-14 dari 1.498 Peserta LMPUN Sumbar

Siswi MTsN 3 Solok Raih Peringkat ke-14 dari 1.498 Peserta LMPUN Sumbar

SOLOK – Siswi MTsN 3 Solok, Elda Oktavia, meraih peringkat ke-14 Lomba Mata Pelajaran Ujian Nasional (LMPUN) tingkat Sumbar, yang dilaksanakan di Dermaga Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Minggu (27/1). Lomba tersebut diikuti sebanyak 1.498 siswa se-Sumbar pada tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Elda Oktavia menjadi peraih nilai tertinggi untuk siswa madrasah. Sebab, peringkat 1 hingga 13 diisi oleh siswa-siswi SMP. Selain LMPUN, lomba yang digagas oleh Forum Guru Inti Kabupaten Solok ini, juga menggelar Lomba Lagu Minang yang diikuti oleh 48 siswa se-Sumbar. 

Ketua Panitia Lomba, Kamislihi, menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh Forum Guru Inti Kabupaten Solok ini menjadi ajang bergengsi bagi sekolah-sekolah yang siap bersaing di bidang kognitif edukatif. Menurutnya, di samping menjadi wadah untuk mencari bakat dan bibit unggul, event LMPUN ini juga memberi ruang seluas-luasnya untuk siswa mengukur tingkat kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional yang akan di gelar April mendatang. Perlombaaan yang berlangsung selama tiga jam tersebut, akhirnya ditutup dengan pengumuman para pemenang lomba.

Dari 15 orang delegasi MTsN 3 Solok di LMPUN, Elda Oktavia berhasil menorehkan namanya di peringkat ke-14 dari 1.498 peserta lomba. Hasil tahun ini, dianggap menurun dari prestasi tahun sebelumnya yang membawa tujuh piagam pada LMPUN dan membawa satu piala pada lomba lagu Minang. Namun hal ini cukup memberikan kebanggaan pada madrasah yang beralamat di Alahan Panjang Kabupaten Solok tersebut. Yakni, tetap berani maju membuktikan madrasah hebat bermartabat.
Kepala MTsN 3 Solok, Maidison, ketika dihubungi via telepon selulernya, menyatakan pihaknya sangat bangga dengan hasil yang dicapai. Maidison juga menegaskan pihak MTsN 3 Solok sangat mengapresiasi para siswa yang telah berjuang atas nama madrasah.

“Alhamdulillah. Hasil ini sangat membanggakan bagi kita. Kita kembali berhasil membuktikan bahwa siswa-siswi madrasah, bisa bersaing dengan siswa lainnya di tingkat Sumbar. Meskipun lebih sedikit dari tahun sebelumnya, amun kita perlu berbangga dengan usaha yang mereka lakukan.  Mulai dari persiapan hingga sampai pada momen ini. Mudah mudahan tahun depan dan seterusnya kita bisa lebih baik. Kita akan jadikan ini sebagai evaluasi untuk meningkatkan SDM siswa siswa kita hingga mampu menjadi kompetitor yang bisa diandalkan,” ujarnya. 

Sementara itu, peringkat pertama diraih Rifka Khoirunnisa dari SMPN 1 Payakumbuh. Selain Rifka, lima siswa dari Payakumbuh menempatkan namanya di 10 besar dan berhasil menjadi juara umum tahun ini. SMPN 1 Patakumbuh juga meraih juara 2 atas nama Jessy Laros, peringkat 7 Jenny Intan Puteri, peringkat 8 Keysa Ardian Fatika dan peringkat 9 Muhammad Naufal Aqil. Dari 1.498 peserta yang mengikuti LMPUN ini, SMPN 1 Payakumbuh menempatkan 17 wakilnya di 50 besar, mengungguli SMP/MTs lainnya di Sumbar. Peserta yang terdaftar pada LMPUN 2019 sebanyak 1.498, dan setelah semua jawaban peserta dimasukkan ke ABO (Alat Baca Optik), hanya sebanyak 1.393 jawaban yang bisa dipindai.

Ghiny Zabade dari SMPN 2 Bukit Sundi, Kabupaten Solok menempatkan namanya di peringkat ketiga. Sedangkan harapan 1 dan haeapan 2 diraih Muhammad Aghid Alfay dan Natatsa Ghina Rahmah dari SMPN 5 Batusangkar. Harapan 3 menjadi milik Daffa Pachiko dari SMPN 1 Kubung. Kayla dari SMPN 2 Gunung Talang, melengkapi posisi 10 teratas. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply