Warga Batak Kota Solok dan Kabupaten Solok Deklarasi Dukungan ke Jokowi-Ma’ruf

Warga Batak Kota Solok dan Kabupaten Solok Deklarasi Dukungan ke Jokowi-Ma’ruf
Sesepuh warga Batak dan pendiri IKB Kota Solok dan Kabupaten Solok, MV Simanjuntak (kanan) saat deklarasi dukungan IKB ke Jokowi-Ma'ruf di Gurun Bagan, Kota Solok, Minggu malam (27/1).

SOLOK – Warga Batak yang terhimpun dalam Ikatan Keluarga Batak (IKB) Kota Solok dan Kabupaten Solok mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Deklarasi dukungan tersebut dilaksanakan IKB setelah Rapat Umum Penyusunan Rencana Kerja IKB 2018-2021 di Gurun Bagan, Kota Solok, Minggu malam (27/1). Hadir dalam deklarasi tersebut pendiri sekaligus dewan penasehat IKB Kota Solok dan Kabupaten Solok MV Simanjuntak, Wakil Ketua IKB Kota Solok dan Kabupaten Solok A Butar Butar, pengurus dan segenap anggota IKB Kota Solok dan Kabupaten Solok. 

MV Simanjuntak yang merupakan tokoh Batak yang sangat disegani di Kota Solok dan Kabupaten Solok, menuturkan, dukungan IKB ke pasangan Jokowi-Ma’ruf didasarkan pada trakck record (rekam jejak) selama menjadi presiden empat tahun lebih. Menurutnya, di masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, pembangunan sangat merata dan seluruh suku di Indonesia sangat dihargai eksistensinya.

“Negara ini harus diurus oleh orang yang nempunyai karakter kuat. Yakni orang yang bisa merangkul semua kalangan, menghargai semua elemen dan memiliki sumbangsih nyata bagi bangsa ini. Hal itu ada di pasangan Jokowi-Ma’ruf. Beliau sudah membuktikan, bukan lagi berencana,” tegas MV Simanjuntak.

MV Simanjuntak yang juga merupakan sesepuh Batak di Kota Solok dan pernah 23 tahun menjadi Ketua RT di Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok tersebut, menyatakan poin penting dukungan warga batak di Solok kepada paslon nomor urut 01, adalah adanya persamaan Jokowi dengan filsafat hidup yang dianut orang batak. Yakni kerja, kerja dan kerja.

“Kita telah melihat sendiri lakek tangan (kinerja) Jokowi. Yakni sejak menjadi Walikota Solo dua periode, Gubernur DKI Jakarta, hingga presiden,” tegasnya.

Sesepuh warga Batak dan pendiri IKB Kota Solok dan Kabupaten Solok, MV Simanjuntak (kanan) saat deklarasi dukungan IKB ke Jokowi-Ma’ruf di Gurun Bagan, Kota Solok, Minggu malam (27/1).

Wakil Ketua IKB Kota Solok dan Kabupaten Solok, Asri Butar Butar menambahkan pilihan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf juga didasarkan faktor keluarga masing-masing calon. Jokowi-Ma’ruf menurut Asri Butar Butar dinilai berhasil dalam berkeluarga. Menurutnya, keberhasilan memimpin negara harus dimulai dari keberhasilan memimpin keluarga. Sebab, keluarga adalah dasar dari kepemimpinan.

“Sebagai masyarakat biasa, kita wajib ikut serta dalam politik. Karena akan menentukan arah dan kehidupan kita sebagai anak bangsa ke depannya. Karena itu, pilihlah calon yang telah nyata terbukti. Bukan sekadar baru berencana. Keberhasilan pertama tentu dari memimpin keluarga,” ungkapnya.

MV Simanjuntak juga mengatakan, warga Batak yang tergabung dalam IKB Kota Solok dan Kabupaten Solok, diisi oleh ratusan kepala keluarga yang sangat majemuk. Baik dari segi profesi maupun dari segi agama yang dianut. Warga IKB Solok dan Kabupaten Solok umumnya terdiri dari PNS, TNI-Polri, pedagang dan bisnis lainnya. Dari segi agama, warga IKB menganut agama Islam, Katholik dan Protestan.

“Kepemimpinan Jokowi sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemajemukan yang menjadi warisan leluhur sejak lama. Serta memperjuangkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga menjadi pertimbangan untuk menjatuhkan pilihan kembali kepada presiden ketujuh tersebut, untuk dapat melanjutkan untuk periode kedua kalinya,” ujarnya.

Terkait banyaknya serangan fitnah dan berita hoaks yang gencar ditujukan kepada Jokowi, yang hampir tidak ada perlawanan dari Jokowi membuat warga batak semakin simpati terhadap sosok yang sebelum nya merupakan tukang meubel yang dinilai berhasil memberikan ketauladanan sebagai seorang pemimpin.

Andri Marant
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solok

Sementara itu, Bendahara Tim Kampanye Daerah (TKD) Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Kota Solok, Andri “Erik” Marant, menyatakan sangat terharu dengan tingginya antusias berbagai elemen masyarakat mendukung Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok. Andri Marant menyebut, hal itu menjadi tambahan kekuatan bagi TKD Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok. Menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solok tersebut, hal itu semakin meningkatkan optimisme pihaknya dalam pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok.

“Semakin derasnya dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok, membuat optimisme kami berlipat. Hal ini, tentu tidak terlepas dari apa yang telah dilakukan oleh pemerintahan saat ini,” tegasnya.

Eri Satri Dt Rajo Kuaso

Ketua DPC Projo Kota Solok, Eri Satri Dt Rajo Kuaso, menyatakan pihaknya sangat bangga dengan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok. Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa pemilih di Kota Solok sudah cerdas dan bijak dalam menentukan pilihannya. Eri Satri juga mengharapkan seluruh masyarakat pendukung Jokowi-Ma’ruf untuk menyalurkan dukungannya secara elegan, sopan dan tertib.

“Saat ini, masyarakat sudah cerdas dan bijak dalam menentukan pilihannya. Latar belakang, visi misi dan komitmen calon ke masyarakat akan menjadi pertimbangan utama bagi pemilih. Sehingga, masyarakat tahu mana yang terbaik. Yakni yang sudah membuktikan, bukan yang baru sekadar berencana,” ungkapnya. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply