Orasi Dukung Jokowi, Walikota Solok, Zul Elfian, Diperiksa Bawaslu

Orasi Dukung Jokowi, Walikota Solok, Zul Elfian, Diperiksa Bawaslu
Walikota Solok Zul Elfian menjawab pertanyaan dari Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, dan Anggota Bawaslu Rafiequl Amin di Kantor Bawaslu Kota Solok, Selasa (26/2).

Dicecar 28 Pertanyaan

* Orasi Dukung Jokowi, Walikota Solok Diperiksa Bawaslu

SOLOK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok memeriksa Walikota Solok, Zul Elfian, SH, M.Si Dt Tianso, terkait dugaan pelanggaran Pemilu di Kantor Bawaslu Kota Solok, Selasa (26/2). Zul Elfian diperiksa terkait orasinya di Danau Cimpago, Kota Padang, Minggu (24/2), saat menghadiri deklarasi Sumbar Pemilih Jokowi (SPJ). Dalam orasi tersebut, Zul Elfian menyatakan Jokowi pantas memimpin Indonesia untuk dua periode.

Walikota Solok Zul Elfian (kiri) saat diperiksa Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, dan Anggota Bawaslu Rafiequl Amin di Kantor Bawaslu Kota Solok, Selasa (26/2).

Zul Elfian datang tepat waktu (on time) pukul 10.00 WIB di Kantor Bawaslu Kota Solok. Pria yang akrab dipanggil “Buya” tersebut, diterima langsung Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, dan anggota Bawaslu, Rafiequl Amin, serta seorang staf Sekretariat Bawaslu Kota Solok. Pada pemeriksaan di Ruang Ketua Bawaslu Kota Solok tersebut, Zul Elfian dicecar 28 pertanyaan terkait proses dan kapasitasnya dalam kegiatan di Danau Cimpago, Kota Padang tersebut.

Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, menyatakan pemeriksaan dilakukan untuk menyelidiki kemungkinan adanya pelanggaran yang dilakukan Walikota Solok Zul Elfian. Meski dilakukan di Kota Padang, menurut Triati, Bawaslu Kota Solok tetap harus melakukan pemeriksaan, karena Zul Elfian adalah Walikota Solok. Dari 28 pertanyaan yang diajukan, Triati menyebutkan pihaknya ingin mendalami apakah ada pelanggaran yang dilakukan Zul Elfian.

“Ada 28 pertanyaan yang kita ajukan ke Pak Zul Elfian. Terkait orasi yang beliau akui sebagai kata sambutan pada deklarasi SPJ di Danau Cimpago, Kota Padang, hari Minggu kemarin,” ujar Triati.

Walikota Solok Zul Elfian saat diperiksa Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, dan Anggota Bawaslu Rafiequl Amin di Kantor Bawaslu Kota Solok, Selasa (26/2).

Mengenai adanya potensi pelanggaran, Triati menyebutkan pihaknya masih menganalisa dan mendalami. Termasuk memgumpulkan sejumlah barang bukti berupa foto, video dan surat-menyurat terkait kehadiran Zul Elfian di acara tersebut.

“Masih kita dalami dan analisa,” ujarnya.

Sementara itu, Zul Elfian dalam jawabannya di Kantor Bawaslu Kota Solok mengatakan dirinya hadir di Danau Cimpago, Kota Padang untuk memenuhi undangan deklarasi relawan SPJ. Zul Elfian juga menyatakan dirinya memang menyampaikan kata sambutan dalam acara tersebut. Kehadirannya dalam acara tersebut, dilaksanakan di hari libur, serta kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai NasDem Kota Solok.

Walikota Solok Zul Elfian menjawab pertanyaan dari Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, dan Anggota Bawaslu Rafiequl Amin di Kantor Bawaslu Kota Solok, Selasa (26/2).

Sebelumnya, Walikota Solok, Zul Elfian Dt Tianso, menegaskan dukungannya secara terang-terangan kepada Calon Presiden (Capres) Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Hal itu ditegaskan Zul Elfian saat menjadi orator dalam kegiatan yang digagas Sumbar Pemilih Jokowi (SPJ) di Kawan Danau Cimpago, Kota Padang, Minggu (24/2). Dalam orasinya, Zul Elfian yang didampingi Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, menyatakan Jokowi pantas memimpin Indonesia untuk periode kedua. Pria yang akrab dipanggil “Buya” tersebut menyebut Jokowi sebagai figur yang taat beragama.

“Pak Jokowi taat beragama. Puasa Senin-Kamis, Shalat Tahajjud. Di mata keluarga sangat luar biasa. Pak Jokowi itu alim, shalatnya terjaga. Itu adalah kebenaran dan kita harus sampaikan kebenaran ini. Jangan kita menjadi orang yang ragu-ragu. Katakan yang benar itu, walaupun pahit. Karena itu, beliau pantas memimpin Indonesia untuk kedua kalinya,” ungkapnya. 

Zul Elfian juga mengisi orasinya dengan sebuah pantun; “Jalan-jalan ke Pasaraya, jangan lupa membeli ikan. Kalau ingin Indonesia raya, Pak Jokowi perlu kita lanjutkan”. Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Kota Solok ini juga mengajak seluruh hadirin untuk tidak tidak ragu-ragu menetapkan pilihan ke pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Sebab menurutnya, pilihan terhadap Jokowi adalah jalan yang benar.

“Jangan pernah ragu. Kita berjalan di jalan yang benar. Berjalan dengan aturan undang-undang. Kita ingin mewujudkan mimpi kita membawa Sumbar dan Indonesia ke arah yang lebih baik,” tegasnya.

Andri Marant
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solok

Semakin masifnya dukungan kepada Capres Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok, Bendahara Tim Kampanye Daerah (TKD) Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Kota Solok, Andri Marant menyatakan sangat gembira dengan dukungan langsung dari Walikota Solok ini. Menurutnya, hal itu menjadi tambahan kekuatan bagi TKD Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok. Menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solok tersebut, hal itu semakin meningkatkan optimisme pihaknya dalam pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok dan Sumbar.

“Kita apresiasi Pak Wali (Zul Elfian). Sikap politik beliau membuat optimisme kami berlipat. Sikap Pak Wali, tentu saja tidak terlepas dari apa yang telah dilakukan oleh pemerintahan saat ini,” tegasnya.

Eri Satri Dt Rajo Kuaso

Senada dengan itu, Ketua DPC Projo Kota Solok, Eri Satri Dt Rajo Kuaso menyatakan pihaknya sangat bangga dengan dukungan yang diberikan Zul Elfian secara langsung di tempat umum. Menurutnya, figur Zul Elfian yang lekat dengan sapaan “Buya” membuktikan bahwa seorang yang memiliki pemahaman kuat dalam bidang agama, telah menentukan pilihannya dengan dasar yang kuat. Eri Satri juga mengharapkan seluruh masyarakat pendukung Jokowi-Ma’ruf untuk menyalurkan dukungannya secara elegan, sopan dan tertib.

“Kita salut, Walikota Solok mengeluarkan statemen dan sikapnya di depan umum. Kita juga menunggu, para kepala daerah yang lain melakukan hal serupa. Sebagai Buya, Zul Elfian adalah figur yang jujur. Tidak bermuka dua, dan berani menyampaikan kebenaran. Kepada masyarakat dan pendukung Jokowi, mari kita bijak dalam menentukan pilihannya. Latar belakang, visi misi dan komitmen calon ke masyarakat akan menjadi pertimbangan utama bagi pemilih. Sehingga, masyarakat tahu mana yang terbaik. Yakni yang sudah membuktikan, bukan yang baru sekadar berencana,” ungkapnya. (rijal islamy)

Tags: , , , , , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply