Yayasan Darianis Yatim Bangun Masjid di SMPN 1 Kota Solok

Yayasan Darianis Yatim Bangun Masjid di SMPN 1 Kota Solok

SOLOK – Jargon Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah, jangan hanya sekadar slogan. Keberadaan fasilitas ibadah jangan hanya sekadar ada, tapi harus diramaikan dengan ibadah dan kegiatan religius. Hal itu dikatakan Wakil Walikota Solok Reinier Dt Intan Batuah saat peletakan batu pertama Masjid SMPN 1 Kota Solok, Selasa (12/2). Kegiatan ini dihadiri Wakil Walikota Solok Reinier Dt Intan Batuah, Wakil Ketua DPRD Kota Solok Irman Yefri Adang, Wakapolres Solok Kota Kompol Budi Prayitno, Kapolsek Kota Solok AKP Anggara Rustamyono, Anggota DPRD Kota Solok Zulkarnain Raju, Ketua LKAAM Kota Solok Rusli Khatib Sulaiman, Kepala SMPN 1 Kota Solok Yuldarmi, Ketua Alumni SMPN 1 Rusdi Saleh, serta seluruh majelis guru dan pegawai SMPN 1 Kota Solok.

“Kita harapkan, jargon Kota Beras Serambi Madinah, bisa menjiwai dan menjadi ciri khas kehidupan agamis di Kota Solok. Sehingga, seluruh masyarakat bisa meramaikan masjid dan fasilitas ibadah lainnya di Kota Solok.

Ketua Alumni SMPN 1 Kota Solok, Rusdi Saleh, menyampaikan kata sambutan saat peletakan batu pertama pembangunan masjid SMPN 1 Kota Solok, Selasa (12/2).

Ketua Alumni SMPN 1 Kota Solok Rusdi Saleh yang juga perwakilan yayasan Darianis Yatim untuk wilayah Sumbar, menyatakan pihaknya terus memegang komitmen untuk meningkatkan syiar Islam di Sumbar. Menurut Rusdi Saleh, masjid di kompleks sekolah merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman agama dan fasilitasi ibadah bagi generasi penerus.

“Keberadaan masjid di kompleks sekolah ini diharapkan para siswa bisa shalat berjamaah, serta aktivitas beragama lainnya. Sehingga, pemahaman agama bagi generasi penerus ini bisa semakin kuat. Darianis Yatim selalu berusaha menjaga komitmen untuk syiar Islam di Sumbar,” ungkapnya.

Rusdi Saleh juga menuturkan, Yayasan Darianis Yatim merupakan sebuah yayasan yang dibentuk oleh perantau asal Tanjung Bingkung, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Yenon Orsa. Menurut Rusdi Saleh, yayasan yang berdiri pada tahun 2012 tersebut, bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan pendidikan.

“Masjid SMPN 1 Solok ini merupakan masjid ke-14 yang dibangun oleh Yayasan Darianis Yatim. Tujuan utama, adalah untuk meningkatkan pemahaman agama dan keimanan. Serta mencegah dampak negatif, seperti kenakalan remaja dan penyalahgunaan Narkoba. Perlu diingat, konsep Yayasan Darianis Yatim, memberi dan berbagi, bukan untuk dipuji, tapi untuk berempati dan merasakan apa yang dirasakan orang lain. Jadi, pembangunan berdasarkan kebutuhan, bukan dasar kedekatan,” ujarnya.

Peletakan batu pertama pembangunan masjid SMPN 1 Kota Solok, oleh Ketua Alumni SMPN 1 Kota Solok, Rusdi Saleh, Selasa (12/2).

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kota Solok, Yuldarmi didampingi Ketua Komite Ma’fud Anwar menyatakan masjid yang akan dibangun ini sangat dibutuhkan oleh seluruh elemen SMPN 1 dan masyarakat sekitar. Saat ini, SMPN 1 Kota Solok memiliki 1.190 siswa dan 80-an majelis guru. Keberadaan masjid ini menurutnya sangat berguna bagi siswa-siswi, majelis guru, pegawai dan masyarakat sekitar.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada Pak Yenon Orsa dan Pak Rusdi Saleh. Mudah-mudahan beliau senantiasa sehat dan semakin banyak berkiprah untuk Kota Solok dan Sumbar,” ungkapnya.

Yenon Orsa merupakan tokoh perantau asal Nagari Tanjung Bingkung, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Yenon Osra sukses dalam bidang pendidikan dan Teknologi Informatika (TI). Melalui Yayasan Darianis Yatim, Yenon Orsa selama dikenal sebagai orang yang banyak membantu biaya pendidikan siswa miskin berprestasi, membangun dan memugar masjid dan mushalla, serta membangun sarana di bidang pendidikan.

Kepercayaan Yenon Orsa ke Rusdi Saleh berawal dari adik kandungnya, Yenna Roseva Boer, yang satu kelas dengan Rusdi Saleh di SMAN 1 Kota Solok. Dari berbagai pertemuan dan kegiatan, Yenon Orsa akhirnya tertarik dengan komitmen dan kejujuran Rusdi Saleh. Hingga akhirnya, Rusdi Saleh menjadi decission maker (pengambil keputusan) di Yayasan Darianis Yatim untuk mengelola seluruh proyek pembangunan masjid, pemberian beasiswa, hingga bantuan kepada masyarakat kurang mampu di Sumbar. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply