Inggris Empat Wakil di Perempatfinal

Inggris Empat Wakil di Perempatfinal

INGGRIS menempatkan empat wakilnya di babak perempatfinal Liga Champions 2019. Liverpool melengkapi kesempurnaan tim-tim Inggris di babak 16 besar, setelah di leg 2 mengalahkan jawara asal Jerman, Bayern Muenchen 3-1 di Allianz Arena, Kamis (14/3). Tiga tim Inggris lainnya adalah Manchester City, Tottenham Hotspurs dan Manchester United.

Pemain Liverpool Sadio Mane ceploskan dua gol ke gawang Bayern Muenchen, Kamis (14/3).

Pada Rabu (13/3) dini hari WIB, Manchester City memastikan satu tempat di babak perempatfinal usai menang 7-0 atas Schalke pada leg kedua babak 16 besar di Etihad Stadium. Sebelumnya, di kandang Schalke, City menang 3-2.

Tottenham Hotspurs lolos ke perempat final dengan penuh gaya. Usai menang 3-0 di kandang, The Lily White menyempurnakan performa dengan menekuk Borussia Dortmund 1-0 di kandang De Borussien.

Tuah pelatih Ole Gunnar Solksjaer masih mumpuni bagi Manchester United. Kalah 0-2 di kandang sendiri, The Red Devils berhasil membalikkan keunggulan di kandang Paris Saint Germain. MU akhirnya lolos ke perempatfinal usai menang 3-1 via aturan agregat gol tandang. 

Keberhasilan empat tim asal Inggris ke perempatfinal Liga Champions 2018-2019 ini, mengulang pencapaian yang pernah diukir pada 2007/2008 dan 2008/2009. Premier League adalah satu-satunya kompetisi domestik yang pernah meloloskan empat wakil ke perempatfinal Liga Champions.

Pada 2007/2008, Inggris meloloskan Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan MU ke perempatfinal. Final sesama tim Inggris bahkan tercipta lewat duel Chelsea versus MU. Setan Merah keluar sebagai juara dalam laga puncak yang dituntaskan lewat adu penalti.

Semusim kemudian, keempat tim tersebut kembali sampai perempatfinal Liga Champions. Chelsa, MU, dan Arsenal kemudian melanjutkan langkahnya sampai semifinal. MU yang sampai ke final akhirnya harus mengakui keunggulan Barcelona.

Babak 16 besar Liga Champions 2018-2019, diwarnai sejumlah kejutan. Sejumlah tim, lolos ke perempatfinal secara dramatis. Ajax Amsterdam mempermalukan Real Madrid di Santiago Bernabeu usai menang telak 4-1. Padahal, di leg pertama Ajax kalah 1-2 di kandang sendiri.

Jawara Italia, Juventus, membalikkan keunggulan 2-0 Atletico Madrid. Setelah di leg kedua menang 3-0 di kandang sendiri. Tiga gol kemenangan La Vecchia Signora diborong Cristiano Ronaldo.

FC Porto, asal Portugal, menjaga performa gemilangnya usai menjungkalkan AS Roma asal Italia. Kalah 1-2 di laga pertama di kandang AS Roma, FC Porto membalikkan keunggulan usai menang 3-1 di kandang sendiri.

FC Barcelona menjadi penyelamat muka Spanyol di babak 16 besar. Tim asal Catalan tersebut menjadi satu-satunya tim asal Spanyol di babak perempat final. Usai bermain imbang 0-0 di kandang Olympique Lyon, Lionel Messi dkk menggulung Lyon dengan skor telak 5-1 saat laga leg kedua di Camp Nou. 

Dalam lima musim terakhir, Spanyol menjadi penguasa kompetisi Liga Champions. Pada musim 2013-2014 Madrid tampil sebagai kampiun usai menang 4-1 atas rival sekotanya Atletico Madri lewat perpanjangan waktu. Musim berikutnya, FC Barcelona menjaga trofi liga Champions tetap di tanah Matador, usai menang 3-1 atas Juventus.

Tiga musim beruntun, Real Madrid menjaga trofi tetap berada di Stadion Satiago Bernabeu. Yakni dengan menang adu penalti atas Atletico Madrid di musim 2015-2016, menggulung Juventus 4-1 di musim 2016-2017, dan memupus ambisi Liverpool usai menang 3-1 di partai final musim 2017-2018. Hasil ini menjadi sejarah bagi El Real, sebagai satu-satunya tim yang juara tiga musim beruntun pada format baru Liga Champion dan membuat koleksi trofinya menjadi yang terbanyak, yakni 13 buah.

Di daftar peraih trofi terbanyak, pesaing terdekat Real Madrid adalah AC Milan dengan 7 trofi. Kemudian Liverpool, Bayern Muenchen dan Barcelona dengan 5 trofi. Lalu Ajax Amsterdam dengan 4 trofi, serta Manchester United dan Inter Milan dengan masing-masing tiga trofi. (rijal islamy)

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply