Kemitraan dan Teknologi di Penangkapan Pelaku Curanmor di Kantor DPPKB Kota Solok

Kemitraan dan Teknologi di Penangkapan Pelaku Curanmor di Kantor DPPKB Kota Solok
Kapolsek Kota Solok, AKP Anggara Rustamyono (kiri) bersama anggota Buser Polres Solok Kota dan masyarakat menangkap pelaku Curanmor di kawasan Lekok, Kelurahan Aro IV Korong, Kota Solok, Sumbar, Jumat (1/3).

SOLOK – Respons cepat yang ditunjukkan jajaran Polres Solok Kota dalam mengungkap kriminalitas di wilayah hukumnya, mendapat dukungan penuh dari masyarakat Kota Solok. Hal itu terlihat jelas dalam pengejaran dan penangkapan pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Solok, Jumat sore (1/3). Jajaran Polres Solok Kota yang terdiri dari Bhabin Kamtibmas, Tim Buru Sergap (Buser), bahkan Kapolsek Solok Kota bersama masyarakat melakukan penangkapan terhadap dua pelaku Curanmor milik pegawai DPPKB Kota Solok.

Peristiwa Curanmor tersebut berawal saat Armalinda (44), seorang ibu rumah tangga asal Kelurahan Nan Balimo, Kota Solok datang ke Kantor DPPKB Kota Solok di Jalan Sinapa Piliang. Armalinda datang mengendarai sepeda motor jenis Yamaha N-Max BA 3172 PI warna hitam yang tampak mencolok dibandingkan kendaraan lain. Setelah memarkir sepeda motornya, Armalinda lalu masuk ke kantor tersebut.

Barang bukti sepeda motor jenis Yamaha N-Max.

Beberapa jam kemudian, seorang masyarakat memanggil korban, karena ada seseorang yang sedang merusak kunci kontak sepeda motor. Armalinda kemudian keluar dan langsung berteriak. Kaget dengan teriakan tersebut, pelaku dan satu orang temannya langsung melarikan diri arah aliran sungai Batang Lembang untuk menyeberang ke Kelurahan Aro IV Korong. Keduanya langsung terjun ke sungai dan sampai ke Kelurahan Aro IV Korong.

Kegaduhan di Kantor DPPKB tersebut memicu kerumunan massa. Sejumlah masyarakat melakukan pengejaran. Beberapa masyarakat lainnya, menghubungi kepolisian melalui telepon. Karena kedua pelaku sudah menyeberang, masyarakat menghubungi keluarga dan teman-temannya yang berada di Kelurahan Aro IV Korong. Sontak, suasana menjadi heboh, baik di lokasi, maupun di dunia seluler.

Bhabin Kamtibmas Sinapa Piliang, Bripka Roni Rollies bersama barang bukti sepeda motor dan masyarakat di Kantor DPPKB Kota Solok.

Di waktu bersamaan, Bhabin Kamtibmas Sinapa Piliang, Bripka Roni Rollies, yang juga mendapat laporan dari masyarakat langsung ikut serta melakukan pengejaran. Roni Rollies juga melaporkan informasi tersebut ke Kapolsek Kota Solok, AKP Anggara Rustamyono dan personel Polres Solok Kota melalui aplikasi whatsapp group (WA Group).

Kapolsek Kota Solok AKP Anggara Rustamyono yang mendapatkan laporan dari Bhabin Kamtibmas, langsung meneruskan ke tim opsnal Polres Solok Kota dan jajaran Polsek Kota Solok, dan langsung memimpin operasi penangkapan.

Kapolsek Kota Solok, AKP Anggara Rustamyono (kiri) bersama anggota Buser Polres Solok Kota dan masyarakat menangkap pelaku Curanmor di kawasan Lekok, Kelurahan Aro IV Korong, Kota Solok, Sumbar, Jumat (1/3).

Singkat cerita, kedua pelaku akhirnya diringkus saat berusaha sembunyi di semak-semak di pinggir sungai Batang Lembang, tepatnya di kawasan Lekok, Kelurahan Aro IV Korong. Kedua pelaku kemudian diidentifikasi sebagai AP (32), warga Blok B Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dan HD (21), warga Padang Candi, Nagari Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya. Keduanya, sehari-hari berprofesi sebagai kuli bangunan. Keduanya kemudian digelandang ke Mapolres Solok Kota dan diancam dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian.

Penangkapan kedua pelaku, ternyata menguak fakta baru terkait aksi percobaan pencurian di Kantor DPPKB Kota Solok. Ternyata, pada siang harinya, kedua pelaku telah berhasil mencuri sebuah sepeda motor jenis Yamaha V-Ixion di Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak. Motor Yamaha V-Ixion tersebut tertinggal di parkiran Kantor DPPKB Kota Solok. 

Malam harinya, sebuah akun media sosial facebook “Evand Goecci”, membuat sebuah postingan; “Alhamdulillah. Basuo baliak. Tarimo kasih untuk Pak Polisi. Kurang dari 2 jam langsung tatangkok maliang ny. Alhamdulillah onda salamat. Tarimokasi untuk kwn2 yang turuik mambantu”. Evand Goecci merupakan pemilik sepeda motor Yamaha V-Ixion. Postingan ini langsung di-repost akun facebook Polres Solok Kota, “ressort solokkota”.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan Dt Pandeka Rajo Mudo mengucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat membantu tugas kepolisian dalam penangkapan kedua pelaku tersebut. Menurut Dony, hal itu merupakan cerminan bahwa masyarakat memiliki kepekaan dan niat yang sama untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu kepolisian dalam pengungkapan kasus ini. Kepolisian adalah mitra masyarakat dalam menjaga Kamtibmas,” ujar Kapolres yang merupakan warga kehormatan Kota Solok bergelar Dt Pandeka Rajo Mudo ini. 

Perwira asal Kertapati, Palembang, Sumsel ini juga berharap masyarakat berperan aktif dalam upaya menjaga Kamtibmas dengan memanfaatkan berbagai media, terutama media sosial dan aplikasi android yang dimiliki Polres Solok Kota.

“Selain di facebook, twitter dan instagram, Polres Solok Kota juga memiliki aplikasi berbasis android. Yakni aplikasi ‘Paga Nagari’, yang bisa diunduh secara gratis di google playstore. Kita harapkan berbagai sarana teknologi tersebut bisa lebih mendekatkan Polres Solok Kota dengan masyarakat,” ungkap mantan Ketua Tim IT, Bareskrim Mabes Polri ini. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply