Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Deklarasi Dukung Jokowi di Kota Solok

Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Deklarasi Dukung Jokowi di Kota Solok

Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Deklarasi Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok
* Zul Elfian: Tangkal Hoax dan Fitnah dengan Kebenaran

SOLOK – Eskalasi politik pemilihan presiden (Pilpres) di Kota Solok bergerak sangat masif. Meski pada Pilpres 2014 lalu, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) hanya meraih 17 persen suara di Kota Solok, kini terjadi pergeseran pemilih yang sangat signifikan. Tampilnya Dewan Penasrhat Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumbar Zul Elfian Dt Tianso sebagai figur pendukung utama pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Kota Beras Serambi Madinah, membuat arah dukungan berbalik. Hal itu terbukti dengan meriahnya deklarasi dan rapat umum terbatas Paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Gedung Kubung Tigobaleh, Kota Solok, Sabtu (16/3). Ribuan masyarakat tumpah ruah menyatukan tekad memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Kota Solok dan Sumbar.

Deklarasi relawan Jokowi-Ma’ruf Amin di Gedung Kubung Tigobaleh, Kota Solok, Sabtu (16/3).

Deklarasi dan Rapat Umum Terbatas tersebut dihadiri Tim Kampanye Nasional (TKN), Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumbar, Tim Kampanye Daerah (TKD) Kota Solok, serta ribuan kader partai pendukung dan masyarakat Kota Solok. Dari TKN, hadir juru kampanye nasional (Jurkamnas) Latifah Anshori, Five Vi dan Alim. Dari TKD Sumbar, hadir Ketua DPD PDIP Sumbar yang juga Anggota DPR RI, Alex Indra Lukman,  (TKD Prov Sumbar), Buya Mas’oed Abidin, dan sejumlah fungsionaris partai pendukung. Sementara itu, dari tuan rumah Kota Solok, di samping Zul Elfian, juga hadir Ketua DPC PDIP Kota Solok Andri Marant, Ketua DPD Partai NasDem Kota Solok Yoserizal, Sekretaris Partai Golkar Fauzi Rusli, Ketua PKB Junaidi Sondang, Sekretaris PKPI Zulkarnain Raju, Ketua DPC Pro Jokowi (Projo) Kota Solok Eri Satri Dt Rajo Kuaso, serta relawan dan simpatisan Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin se-Kota Solok. Sejumlah relawan yang hadir di antaranya Relawan Indonesia Jokowi (Reliji), Relawan Akar Rumput, Relawan Rumah Gadang, Emak-Emak Santiang dan belasan relawan Jokowi-Ma’ruf lainnya.

Zul Elfian yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Kota Solok dalam orasinya langsung “membakar” semangat para relawan dan simpatisan yang memenuhi Gedung Kubung Tigobaleh Kota Solok. Zul Elfian mengingatkan bahwa musuh utama Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin adalah berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian (hate speech) yang coba dialamatkan ke Jokowi dan Ma’ruf Amin. Sehingga, hal ini menjadi tugas utama bagi seluruh pendukung dan relawan untuk menjelaskan kondisi sebenarnya ke masyarakat. 

“Hoax dan fitnah selalu dialamatkan ke Jokowi dan Ma’ruf Amin, yang justru kondisi sebenarnya adalah kebalikannya. Hoax dan fitnah ini beredar luas dan masif di masyarakat. Sehingga, ini menjadi tugas utama para pendukung, relawan dan simpatisan, untuk menjelaskan kondisi sebenarnya ke masyarakat. Ingat, Allah tidak akan sia-siakan perjuangan kita, untuk kemenangan 01, dan kemajuan dunia Islam. Lakukan door to door dan berikan penjelasan kepada masyarakat tentang kondisi sebenarnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Latifah Anshori dari TKN menyatakan pihaknya sangat salut dengan antusiasnya masyarakat, simpatisan dan relawan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok. Latifah menuturkan bahwa Jokowi merupakan figur yang sangat sederhana dan sangat merakyat. Menurutnya, dengan memilih Jokowi, berarti memilih rakyat bukan elit. Sementara, Cawapres Ma’ruf Amin menurut Latifah adalah seorang ulama yang sangat disegani. Perpaduan tersebut menurutnya merupakan jawaban terhadap persoalan bangsa. Sehingga, bisa menjadikan Indonesia lebih maju ke depannya.

“Jokowi adalah kita. Kita harus mempertahankan demokrasi kita di tangan rakyat. Mari kita lakukan pendidikan politik yang santun ke masyarakat. Yakni dengan memberikan pemahaman tentang program-program pemerintah yang tujuannya adalah untuk kesejahteraan masyarakat dan pembentukan karakter bangsa. Jangan sampai kita dipecah oleh hoax, isu SARA, ujaran kebencian dan fitnah,” tegasnya. 

Tim TKD Sumbar Alex Indra Lukman menyatakan antusiasme masyarakat di Kota Solok merupakan barometer dan angin segar bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Sumbar. Menurut Alex, derasnya dukungan kepada Paslon 01 tidak terlepas dari masifnya pergerakan relawan dan TKD Kota Solok, serta program-program pembangunan Jokowi-JK yang sangat dirasakan masyarakat. Anggota DPR RI asal Sumbar dari PDIP tersebut mencontohkan, beberapa tahun lalu, saat melaksanakan ibadah haji, jamaah Indonesia harus melalui imigrasi selama 4 – 5 jam. Berkat adanya kerja sama dengan pemerintah Arab, maka tahun ini tidak ada lagi jamaah Indonesia yang melalui proses imigrasi lagi sehingga tidak perlu menunggu sampai 5 jam.

“Kalau Jokowi menang di Sumbar maka akan dicatat dalam sejarah. Meskipun pemilih di Kota Solok sedikit, tapi Kota Solok adalah barometer. Tularkan ke Solok Raya dan daerah lain. Sehingga, gelombang dukungan akan semakin membesar dan Jokowi-Ma’ruf akan menang di Sumbar,” ujarnya.

Eri Satri Dt Rajo Kuaso

Ketua DPC Projo Kota Solok, Eri Satri Rajo Kuaso menyatakan pihaknya sangat bangga dengan semakin derasnya dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok dan Sumbar. Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa masyarakat sudah cerdas dan bijak dalam menentukan pilihannya. Yakni dengan melihat visi, misi dan program yang diusung pasangan calon. Saat ini menurutnya, tugas relawan, kader dan simpatisan adalah menjelaskan kepada masyarakat kondisi yang sebenarnya. Sehingga, isu, hoax dan fitnah bisa dijawab dengan kebenaran.

“Tugas kita sekarang adalah melawan isu negatif, hoax dan fitnah dengan menjelaskan kebenaran. Jangan lawan fitnah dengan fitnah, tapi berikan pemahaman dan sampaikan kebenaran dengan santun. Masyarakat sudah cerdas dan bijak dalam menentukan pilihan. Latar belakang, visi misi dan komitmen calon ke masyarakat akan menjadi pertimbangan utama bagi pemilih. Sehingga, masyarakat tahu mana yang terbaik. Yakni yang sudah membuktikan, bukan yang baru sekadar berencana,” ungkapnya. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply