VAR Loloskan United ke Perempatfinal

VAR Loloskan United ke Perempatfinal

PARIS — Manchester United lolos secara dramatis ke perempatfinal Liga Champion 2018-2019. Penalti yang berasal dari video assistant referee (VAR) di detik-detik akhir laga, mengantarkan MU mengalahkan Parus Saint Germain dengan skor 3-1. Berlaga Parc de Princes, kandang PSG, Kamis (7/3/2019) dinihari WIB di leg kedua babak 16 besar, MU dalam posisi tertinggal 0-2 secara agregat. 

Baru dua menit laga dimulai, Romelu Lukaku membawa MU memimpin lewat berkat kesalahan pertahanan PSG. Thilo Kehrer melakukan umpan ceroboh mengarah ke Thiago Silva, yang berhasil dipotong Romelu Lukaku. Pemain Belgia tersebut melewati Gianluigi Buffon dan menceploskan bola dari sudut sempit.

PSG merespons dengan gol Juan Bernat di menit ke-12. Striker Kylian Mbappe lolos dari pertahanan MU, dan mendapatkan bola di sisi kanan, lalu melepaskan umpan silang. Bola disambar Bernat di sisi kiri, yang tak terawasi pergerakannya oleh lini pertahanan MU. Agregat menjadi 3-1 untuk keunggulan PSG. 

Sadar harus mencetak minimal dua gol tanpa kebobolan, MU memberi tekanan ke lini pertahanan PSG. Hasilnya, Marcus Rashford melepaskan sepakan keras yang gagal ditangkap Buffon. Bola liar lalu disambar Lukaku dari jarak dekat. Sampai babak pertama selesai, tak ada lagi gol tercipta. MU memimpin 2-1 atas PSG atau agregat 2-3.
Memasuki babak kedua, PSG menjaga lini pertahanannya dengan ketat dan mengandalkan serangan balik. PSG mencetak gol di menit ke-56, ketika Di Maria menuntaskan umpan terobosan Mbappe dengan cungkilan melewati De Gea. Namun hakim garis mengangkat bendera pertanda offside, gol pun batal.

Memasuki masa 10 menit terakhir waktu normal, PSG menjaga tempo permainan rendah untuk mengamankan keunggulan agregat. 

Drama tercipta saat laga memasuki masa injury time. Di saat laga tampak akan berakhir dengan skor 2-1 untuk MU (agregat 3-2 untuk keunggulan PSG), MU mendapatkan penalti setelah wasit mengubah keputusan via Video Assistant Referee (VAR), dari sebelumnya memberikan sepak pojok.

Sebuah serangan cepat dari MU di menit ke-90 diakhiri sepakan keras Diogo Dalot dari depan kotak penalti. Bola membentur Presnel Kimpembe dan wasit sempat memutuskan sepak pojok. Tapi Video Assistant Referee (VAR) meninjau insiden itu dan menyatakan terjadi hands ball, sehingga penalti diberikan untuk MU. Rashford maju sebagai eksekutor dan berhasil menaklukkan Buffon. MU pun menang 3-1, lolos dengan keunggulan gol tandang dalam agregat 3-3. 

Di laga lain, FC Porto berhasil membalikkan keunggulan AS Roma dengan kemenangan 3-1 di Estadio Do Dragao, Portugal. Hasil ini meloloskan FC Porto dengan agregat 4-3, setelah di kandang AS Roma kalah 1-2. Tiga gol FC Porto dicetak Tiquinho menit ke-26, Marega menit ke-52 dan tendangan penalti Telles di menit ke-117 babak extra time. Sementara itu, satu-satunya gol AS Roma yang memaksa babak tambahan, dicetak oleh penalti Daniele de Rossi di menit ke-37.

Hasil dinihari tadi, memastika empat tim yang lolos ke babak 8 besar. Yakni Ajax Amsterdam yang mengalahkan Madrid 4-1 di Santiago Bernabeu 4-1 (agregat 5-3) dan Tottenham Hotspur yang menang 1-0 di kandang Borussia Dortmund (agregat 4-0). 

Empat laga lain yang tersisa adalah Bayern Muenchen versus Liverpool (agregat 0-0), Barcelona kontra Olympique Lyon (agregat 0-0), Juventus versus Atletico Madrid (agregat 0-2) dan Manchester City kontra Schalke (agregat 3-2). Keempat partai tersebut akan dipentaskan pekan depan. (PN-001) 

Susunan pemain:
PSG: Gianluigi Buffon; Thilo Kehrer (Leandro Paredes 71′), Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Dani Alves (Edinson Cavani 95′), Marquinhos, Marco Verratti, Angel di Maria; Julian Draxler (Thomas Meunier 70′); Kylian Mbappe
MU: David de Gea; Chris Smalling, Eric Bailly (Diogo Dalot 36′), Victor Lindelof; Ashley Young'(Mason Greenwood 87′), Fred, Scott McTominay, Andreas Pereira (Tahith Chong 80′), Luke Shaw; Romelu Lukaku, Marcus Rashford.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply