Kopel Putih, di Balik Mutasi Jajaran Polres Solok Kota

Kopel Putih, di Balik Mutasi Jajaran Polres Solok Kota
Iptu Muhammad Sugindo (tengah) saat serah terima jabatan (Sertijab) di Mapolres Solok Kota.

Di Balik Mutasi Perwira di Mapolres Solok Kota
* Sugindo Kembali ke Kopel Putih

Kapolsek IX Koto Sungai Lasi, Polres Solok Kota, Iptu Muhammad Sugindo, mendapat mutasi dan promosi jabatan sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Kota Pariaman. Jabatan itu, mengembalikan Sugindo ke “jalurnya”, yakni polisi berkopel putih. Apa itu kopel putih?

Laporan RIJAL ISLAMY, Solok

Wajah Iptu Muhammad Sugindo tampak berseri-seri. Meski begitu, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2013 tersebut, mengaku dirinya sangat sedih harus meninggalkan Polres Solok Kota. Sejak dimutasi menjadi Kapolsek IX Koto Sungai Lasi pada 27 Juni 2018 lalu, Sugindo menyatakan dirinya memiliki kenangan tak terlupakan di wilayah hukum IX Koto Sungai Lasi. Keramahan masyarakat dan suasana alam Kabupaten Solok dan Kota Solok membuatnya sangat betah.

“Bahagia dan sedih. Saya dan keluarga sangat senang dan masih betah di Solok. Namun di sisi lain, sebagai anggota Polri, saya harus menerima tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. Bahagianya, saya ke kopel putih, sesuai dengan Dikjur saya,” ujarnya.

Kapolsek IX Koto Sungai Lasi Iptu Muhammad Sugindo (kiri) bersama Ketua Ranting Bhayangkari Polsek IX Koto Sungai Lasi Ny. Ambar Wulan Sugindo (dua dari kiri) saat membezuk Nurhafiza bersama ibu-ibu Bhayangkari Polsek IX Koto Sungai Lasi di Nagari Pianggu, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Rabu (26/9).

Selama menjadi Kapolsek IX Koto Sungai Lasi, ternyata Sugindo tidak melupakan Dikjur-nya di Lalu Lintas. Terbukti, di wilayah hukumnya, yakni Nagari Indudur, ditetapkan Polres Solok Kota sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas perdana di Sumbar dan Pulau Sumatera. Sugindo bersama istrinya, Ny. Ambar Wulan Sugindo, juga dinilai betah dan nyaman di Sungai Lasi. Bahkan, pasangan muda tersebut, saat ini tengah menanti buah hati ketiganya.

“Doakan saya bisa melaksanakan tanggung jawab dengan baik di Polres Kota Pariaman. Kabupaten Solok dan Kota Solok, khususnya IX Koto Sungai Lasi akan selalu ada di hati saya dan keluarga. Terima kasih kepada seluruh personel di Polsek Sungai Lasi dan pimpinan serta senior di Polres Solok Kota,” ungkapnya.

Kenal pamit di Aula Terbuka Mapolres Solok Kota.

Kopel putih, merupakan sebuah identitas bagi anggota Polri yang bertugas di bagian/satuan/direktorat Lalu Lintas. Hal itu ditandai dengan dengan kopel atau ikat pinggang berwarna putih yang hanya dimiliki personel Sat Lantas. Para perwira Polri yang berkopel putih, mendapatkannya, dengan terlebih dahulu menjalani pendidikan kejuruan (Dikjur). Tercatat, Sugindo pernah menjadi Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Sawahlunto sejak 6 Januari 2015 dan Kanit Regident Sat Lantas Polres Sawahlunto pada 12 Februari 2016.

Saat ini, sederet personel yang pernah berkopel putih di Polres Solok Kota meraih sukses besar di kariernya. Mereka adalah Kasat Sabhara Polres Solok Kota AKP Poniman (mantan Kanit Laka), Kasat Lantas Polres Arosuka Iptu Bayful Yendri (mantan Kasat Lantas), Kasat Lantas Polres Solok Selatan Iptu Mardianto (mantan KBO Lantas), Kapolsek X Koto Singkarak Iptu Ahmad Ramadhan (mantan bintara Sat Lantas), hingga Kapolsek Bukit Sundi Iptu Thamrin (mantan KBO Lantas).

Iptu Muhammad Sugindo (tengah) saat serah terima jabatan (Sertijab) di Mapolres Solok Kota.

Sebelumnya, mutasi dan rotasi bergulir di Polres Solok Kota. Kapolsek Bukit Sundi Iptu Defrianto ditunjuk menjadi Kepala Satuan (Kasat) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Solok Kota, menggantikan Kasat Reskrim sebelumnya, AKP Zamri Elfino yang mendapat penugasan baru di Polda Sumbar. Posisi yang ditinggalkan Defrianto di Mapolsek Bukit Sundi, diisi Iptu Thamrin yang sebelumnya menjabat Kaur Bins Opsnal (KBO) Sat Lantas.

KBO Sat Reskrim, Iptu Edi Yuhendra ditunjuk menjadi Kapolsek Sungai Lasi menggantikan Iptu Muhammad Sugindo, yang mendapat tugas baru sebagai Kasat Lantas Pariaman. Mutasi Kapolsek juga terjadi di Polsek Junjung Sirih. Kapolsek Junjung Sirih Iptu Agustiarman digantikan Iptu Satrialis. Agustiarman ditarik ke Polres Solok Kota dan diserahi jabatan baru sebagai Kasubag Anggaran di Bagian Perencanaan Polres Solok Kota.

Kenal pamit bersama seluruh personel dan Bhayangkari Polres Solok Kota.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan menyatakan mutasi di lingkungan Polri merupakan hal biasa dan akan terus berlansung. Kapolres bergelar Datuk Pandeka Rajo Mudo yang hari Sabtu (30/3) tersebut berulang tahun ke-40, menyatakan mutasi merupakan kebutuhan personel, demi menjamin dinamika manajerial, serta untuk penguatan organisasi , peningkatan soliditas, serta peningkatan kinerja bagi satuan yang akan dipimpin.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada dedikasi dan pengorbanan Kasat Reskrim Zamri Elfino selama bertugas di Polres Solok Kota. Selama ini sudah banyak kasus besar yang berhasil diungkap. Seperti pembunuhan, operasi tangkap tangan (OTT), hingga kasus-kasus lain. Itu bukan hal mudah untuk kita selesaikan. Kinerja atau prestasinya patut diapresiasi. Kami berharap, pengalaman selama bertugas di Polres Solok Kota bisa menjadi bekal di tempat yang baru,” ujarnya.

Iptu Defrianto
Kasat Reskrim Polres Solok Kota.

Dony Setiawan juga mengucapkan selamat bertugas kepada Kasat Reskrim yang baru, Iptu Defrianto. Menurutnya, Defrianto bukan orang baru di Sat Reskrim Polres Solok Kota. Sebab, sebelumnya juga pernah menjabat KBO Sat Reskrim Polres Solok Kota. Demikian juga terhadap Kapolsek Bulit Sundi, Kapolsek Junjung Sirih dan Kapolsek Sungai Lasi.

“Kita harapkan dedikasi dan pengabdian untuk kemajuan Polres Solok Kota. Dengan adanya pergeseran Pejabat Utama di Polres Solok Kota, semoga akan ada perubahan juga terkait kedinasan di lingkungan Polres Solok Kota untuk lebih baik,” ujarnya. (***)

Tags: , , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply