Samsat Sentral Kota Solok, Layani Pembayaran Pajak Luar Wilayah Hukum

Samsat Sentral Kota Solok, Layani Pembayaran Pajak Luar Wilayah Hukum

Kiprah Samsat Sentral di Kota Solok
* Bayar Pajak Sambil Bersantai Taman Kota

Sebanyak delapan daerah di Sumbar kini sudah “berlabel” Samsat Sentral. Dengan “label” itu, masyarakat di delapan daerah tersebut bisa membayar pajak kendaraan, meski tidak berdomisili atau memiliki kendaraan yang terdaftar di wilayah hukum daerah tersebut. Bahkan, di Kota Solok, pembayaran pajak kendaraan tidak hanya harus di Samsat, tapi juga bisa di Taman Syech Kukut Kota Solok di setiap malam Minggu dan Minggu pagi.

Pelayanan di Samsat Kota Solok di Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok.

SOLOK – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau biasa disingkat Samsat, selama ini dikenal masyarakat sebagai tempat pembayaran pajak kendaraan. Terdiri dari unsur Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Jasa Raharja dan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas), Samsat menjadi ujung tombak dalam pemasukan pajak kendaraan ke kas negara. Namun, berbagai persoalan di lapangan, seperti lokasi yang jauh, adanya calo dan ribetnya urusan, membuat masyarakat enggan membayar pajak.

Seiring berjalannya waktu dan upaya transparansi dari aparatur pemerintahan, berbagai upaya dan terobosan dilakukan untuk meningkatkan pemasukan negara dari pajak kendaraan. Salah satunya dengan penerapan “label” Samsat Sentral di delapan daerah di Sumbar, sejak tanggal 11 Maret 2019. Kedelapan daerah yang kini “berlabel” Samsat Sentral adalah Kota Solok, Kabupaten Solok, Tanah Datar, Padang Panjang, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Limapuluh Kota dan Kota Bukittinggi.

Pelayanan pembuatan SIM dan pembayaran pajak kendaraan di depan Taman Syech Kukut Kota Solok setiap malam Minggu dan Minggu pagi.

Dengan “label” Samsat Sentral itu, masyarakat di delapan daerah tersebut bisa membayar pajak kendaraan, meski tidak berdomisili di wilayah hukum (Wilkum) daerah tersebut. Bahkan, di Kota Solok, inovasi cemerlang dilakukan oleh Polres Solok Kota dan Samsat Kota Solok. Yakni dengan pembayaran pajak kendaraan tidak hanya harus di Samsat, tapi juga bisa di Taman Syech Kukut Kota Solok di setiap malam Minggu dan Minggu pagi.

Deputi Pelayanan Publik Kemen-PAN RB M Yusuf Ateh, Walikota Solok Zul Elfian Dt Tianso dan Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan Dt Pandeka Rajo Mudo, bercengkrama dan meninjau lokasi layanan SIM dan pembayaran pajak kendaraan di depan Taman Syech Kukut Kota Solok.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan Dt Pandeka Rajo Mudo, melalui Kasat Lantas Polres Solok Kota Iptu Sugeng Riadi menyatakan masyarakat kini bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan dengan mudah dan nyaman. Selain di Samsat Kota Solok yang berlokasi di Kelurahan Laing, Kota Solok, Sugeng Riadi juga menyatakan pembayaran pajak kendaraan juga bisa dilakukan di Taman Syech Kukut Kota Solok setiap malam Minggu dan Minggu pagi.

“Pembayaran pajak berbasis online ini, ditujukan untuk memberi kemudahan ke masyarakat. Sehingga, masyarakat bisa nyaman berkendaraan. Pembayaran pajak kendaraan di Taman Syech Kukut ini, merupakan pengembangan dari layanan pembuatan SIM oleh Polres Solok Kota,” ungkapnya.

Suasana santai masyarakat menikmati layanan pembuatan SIM dann pembayaran pajak kendaraan di Taman Syech Kukut Kota Solok.

Menariknya, layanan pembuatan SIM dan kini ditambah loket pembayaran pajak di Taman Syech Kukut, membuat masyarakat sangat “dimanjakan”. Sembari menjalani proses pembuatan SIM dan pembayaran pajak, masyarakat juga bisa menikmati malam Minggu di Taman Kota Solok. Di Minggu pagi, masyarakat juga bisa menikmati layanan berbarengan dengan olahraga pagi di depan Kampus UMMY Kota Solok.

“Hal ini merupakan komitmen kita dalam mewujudkan prediket WBBM (wilayah birokrasi bersih dan melayani), setelah akhir tahun lalu mendapatkan prediket WBK (wilayah bebas korupsi). Namun intinya, kita berusaha memberikan layanan terbaik, mudah dan transparan ke masyarakat,” ungkapnya.

Kanit Regident Sat Lantas Polres Solok Kota, Aiptu Suryo Hadi (tiga dari kiri) bersama pegawai Samsat Kota Solok.

Kepala Unit Registrasi dan identifikasi (Kanit Regident) Sat Lantas Polres Solok Kota Aiptu Suryo Hadi menyatakan sejak sebulan pemberlakuan Samsat Sentral di Kota Solok, terdapat peningkatan signifikan jumlah pembayar pajak kendaraan di Samsat Laing Kota Solok. Meski begitu, Suryo Hadi menyatakan hingga kini pihaknya masih melakukan rekap data jumlah pembayar pajak di Samsat Sentral Kota Solok.

“Kita sedang melakukan rekap data. Namun, secara kasat mata dari rutinitas di Samsat Laing dan di loket pembayaran pajak di Taman Kota Solok, terjadi peningkatan,” ujarnya singkat.

Seorang warga memberikan testimoni layanan Samsat keliling di depan Taman Syech Kukut Kota Solok.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Sembilan Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Nurmayeni (56), menyatakan sangat gembira dengan adanya loket pembayaran pajak di Taman Syech Kukut Kota Solok. Menurutnya, hadirnya layanan di Taman Kota tersebut, membuat dirinya dan keluarga bisa melakukan pembayaran pajak tepat waktu.

“Dengan adanya layanan di pusat Kota Solok tersebut, kita bisa membayar pajak secara mudah dan lokasi yang sangat dekat. Apalagi, layanan tersebut bisa didapatkan sambil bersantai di Taman Kota Solok. Jadi sembari mengajak anak-anak dan cucu bermain di Taman Kota Solok,” ujarnya. (rijal islamy)

Tags: , , , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply