Kantor KAN Talang Dibakar, Logistik Pemilu Aman

Kantor KAN Talang Dibakar, Logistik Pemilu Aman

SOLOK – Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumbar, ludes dilahap dilahap si jago merah, Kamis (2/5/2019), sekira pukul 13.10 WIB. Kebakaran yang berlangsung cepat ini, menghanguskan bangunan megah berarsitektur Rumah Gadang (Rumah Adat Minangkabau) di tepi Jalan Lintas Sumatera tersebut. 

Saat kebakaran terjadi, warga sekitar melakukan pemadaman secara manual dengan alat seadanya. Sulitnya sumber air membuat bangunan yang terbuat dari kayu tersebut menjadi abu dalam sekejap. Tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Solok dan Kota Solok, yang terjun ke lokasi juga tak berdaya mencegah lahapan si jago merah.

“Kami kesulitan mencari air. Sumber air jauh di bawah. Air PDAM kadang tidak lancar juga di sini,” sebut seorang warga di lokasi.

“Kita mendapat laporan kebakaran sekitar pukul 13.30 WIB dan langsung ke lokasi dan kita juga dibantu dua unit Damkar dari Kota Solok,” kata Un Khairul, Kabid Damkar Kabupaten Solok.

Tersangka, OF (32).

Dari penyelidikan petugas Polres Arosuka usai kebakaran, terungkap bahwa kebakaran tersebut diduga ada unsur kesengajaan. Petugas akhirnya menahan OF alias Ok (32), warga Jorong Pasa Usang, Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

“Kantor KAN Talang itu dibakar. Tersangkanya sudah di Polres Arosuka. Kini sedang ditangani Sat Reskrim,” ujar Kapolres Arosuka, AKBP Ferry Irawan.

Dari pengakuan tersangka, pembakaran dilakukan dengan menggunakan korek api mancis. Pelaku membakar kasur yang berada di bagian lantai atas kantor KAN tersebut. Sebelum membakar kantor KAN, tersangka juga membakar pondok milik Walinagari Talang.

“Terkait motif pembakaran kantor KAN ini, kita masih melakukan pendalaman,” ungkap Ferry.

Kantor KAN Talang, sebelumnya sempat digunakan sebagai tempat rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 wilayah Gunung Talang. Namun dari informasi yang diperoleh, sejak Selasa 28 April tidak ada lagi aktivitas dan logistik pemilu di kantor KAN tersebut.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok, Defil membenarkan bahwa kantor KAN Talang merupakan salah satu gudang logistik Pemilu 2019.

“Tidak ada logistik pemilu yang terbakar dalam insiden tersebut. Semua logistik yang ada di kantor KAN Talang sudah dipindahkan,” ujarnya. 

Menurut informasi dari sejumlah warga, kejadian berawal saat OF mengamuk disalah satu acara adat di Jorong Koto Gaek, Nagari Talang. OF melempari rumah, mobil, sepeda motor serta membanting beberapa kursi pesta di tempat kejadian sekitar pukul 12.00 WIB. Menurut Bili, salah satu saksi mata, OF datang menggunakan senjata tajam lalu melakukan pengrusakan di lokasi acara.

“Dia datang sekitar pukul 12.00 WIB. Sesampai di sini dia datang dengan membawa senjata tajam jenis celurit. Kemudian merusak sepeda motor, mobil, rumah, dan kursi di lokasi acara,” ungkap Billi.

Usai mengamuk, OK langsung beralih ke Kantor KAN Nagari Talang dan melakukan pembakaran. Pasca kejadian, OF langsung diamankan oleh pihak kepolisian.

Kebakaran ini juga mendapat respibs langsung dari Bupati Solok, Gusmal Dt Rajo Lelo. Gusmal yang juga merupakan ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Solok, mengaku prihatin terhadap kejadian ini.

“Kita prihatin atas kejadian ini, saya berharap, pihak kepolisian mengusut secara tuntas perkara ini sesuai undang-undang yang berlaku,” ungkap Gusmal, di Mapolsek Gunung Talang.

Terkait kondisi gedung yang habis terbakar, Gusmal mengatakan akan segera memerintahkan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Kabupaten Solok untuk melakukan pengecekan.

“Saya akan perintahkan Kadis PU, untuk melakukan pengecekan. Apakah masih ada atau tidak bagian gedung yang dapat dipergunakn. Kita akan carikan solusinya, karena ini merupakan simbol adat di Nagari Talang,” tambah Gusmal. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply