Sejarah, Pemko Solok Bentuk Tim Safari Ramadhan Khusus Wartawan

Sejarah, Pemko Solok Bentuk Tim Safari Ramadhan Khusus Wartawan
Walikota Solok, Zul Elfian Dt Tianso, memberi tausyiah di Mushalla Al Munawarah, Banda Balantai, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Selasa (21/5).

Tim Safari Ramadhan Khusus Pemko Solok Bersama Wartawan
* Sejarah yang Mengejutkan Jamaah

Tidak ada sejarah, jika tidak ada yang memulai. Pemko Solok menoreh sejarah, dengan membentuk Tim Safari Ramadhan Khusus yang berisi Walikota, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah, Kabag Humas, Kabag Kesra, dan wartawan yang bertugas di Kota Solok.

SOLOK – Keberadaan Tim Safari Ramadhan (TSR) bagi pemerintahan tingkat kota/kabupaten dan provinsi, selama ini menjadi hal yang lumrah. TSR selain ditujukan sebagai ajang silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, juga dimanfaatkan sebagai upaya menyerap aspirasi dan mendengarkan keluhan masyarakat. Serta mensosialisasikan program dan pembangunan yang telah dan akan dilakukan ke masyarakat luas.

Di Kota Solok, TSR tahun 2019 ini terdiri dari 12 tim yang mengunjungi sekitar 50 masjid se-Kota Solok, selama 3 dan 4 hari berturut-turut. Masing-masing tim dipimpin oleh pejabat Pemko Solok dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok. Yakni Walikota, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah, Asisten Pemko Solok, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Dandim 0309/Solok, Kapolres Solok Kota, Asisten Pemko Solok, Kajari Solok, Ketua Pengadilan Negeri, dan Ketua Pengadilan Agama.

Walikota Solok, Zul Elfian Dt Tianso, memberi tausyiah di Mushalla Al Munawarah, Banda Balantai, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Selasa (21/5).

Meski dalam TSR tersebut, wartawan yang bertugas di Kota Solok diikutkan sebagai peliput di seluruh tim, namun Walikota Solok Zul Elfian Dt Tianso, menginginkan adanya tim khusus. Yakni Tim Safari Ramadhan Khusus (TSR Khusus) yang terdiri dari Walikota, Wakil Walikota, Sekda, Kabag Kesra dan Kabag Humas dari Pemko Solok dengan seluruh wartawan yang sehari-hari bertugas di Kota Solok.

Karena seluruh masjid sudah dikunjungi 12 tim, maka Tim Khusus tersebut akhirnya mengunjungi 2 mushalla. Yakni Mushalla Babussalam di Batu Gadang, Kelurahan Simpang Rumbio, Kecamatan Lubuk Sikarah pada Senin (20/5), dan Mushalla Al Munawwarah di Banda Balantai, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan pada Selasa (21/5).

Senyum ceria jamaah di Mushalla Al Munawarah, Banda Balantai, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Selasa (21/5).

Uniknya, kedatangan Tim Khusus tersebut tanpa pemberitahuan ke pengurus masjid dan jamaah. Walikota Solok Zul Elfian langsung menjadi imam Shalat Tarawih dan Shalat Witir dalam kunjungan tersebut. Bahkan, pria yang akrab dipanggil “Buya” tersebut, juga memberikan tausyiah (ceramah) agama.

“Tim Safari Ramadhan Khusus ini, sesuai dengan namanya. Kami sangat menyadari, keberadaan insan pers di Kota Solok, telah memberikan kontribusi luar biasa. Dalam bingkai jargon ‘Kota Beras Serambi Madinah’, kita ingin nilai-nilai religius juga menjadi jati diri seluruh wartawan di Kota Solok,” ujarnya.

Wawako Reinier, Ketua PWI Kota Solok Wannedi Saman, Wako Zul Elfian saat menyerahkan bantuan dari Pemko Solok di Mushalla Al Munawarah, Banda Balantai, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Selasa (21/5).

Zul Elfian juga menuturkan, sesuai firman Allah; “Jika penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa kepada Allah, maka akan Kami curahkan berkah dan rezeki dari langit dan bumi”. Mantan kepala dinas, Asisten dan Wakil Walikota Solok tersebut mencontohkan, negeri Mekah dan Madinah adalah hamparan gurun pasir dan batu. Namun, negeri yang gersang tersebut adalah negeri yang diberkahi Allah, tak pernah kekurangan air. Bahkan Air Zamzam tidak pernah habis, meski telah diminum oleh miliaran orang di dunia.

“Jika pegawai, pedagang, petani, bahkan wartawan di Kota Solok beriman dan bertakwa, maka Kota Solok akan menjadi daerah yang penuh berkah. Wartawannya adalah wartawan yang berdedikasi terhadap tugasnya. Tidak akan membuat berita bohong atau hoaks. Senantiasa memberikan pencerahan ke masyarakat dan berkomitmen kepada kebaikan. Sebab, jika hati seluruh warga, termasuk wartawan, tidak diisi dengan kebaikan, maka keburukan yang akan mengisi hati mereka. Namun selama ini, kami senantiasa mengapresiasi seluruh wartawan yang telah berbuat baik untuk perkembangan Kota Solok. Dengan kritik, saran, informasi dan komitmen kebaikannya selama ini,” ujarnya.

Ketua F-Kuwas, Roni Natase (tiga dari kanan) saat menyerahkan bantuan dari Pemko Solok, di Mushalla Babussalam, Batu Gadang, Kelurahan Simpang Rumbio, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Senin (20/5).

Tim Safari Ramadhan Khusus Kota Solok, dihadiri Walikota Solok Zul Elfian Dt Tianso, Wakil Walikota Solok Reinier Dt Intan Batuah, Sekda Rusdianto, Kabag Humas Nurzal Gustim, Kabag Kesra Heppy Dharmawan, serta wartawan se-Kota Solok.

Dalam arahannya, Zul Elfian mengatakan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok 2016-2021, pemerintah ingin mewujudkan Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah menjadi kota yang diberkahi Allah SWT. Untuk mewujudkan keinginan itu, Pemerintah Kota Solok telah menggulirkan program Maghrib Mengaji dan Sholat Subuh Berjamaah.

“Program ini meminta kepada masyarakat untuk mengisi waktu sehabis Shalat Maghrib sampai Shalat Isya dengan membaca kitab suci Alquran. Diharapkan, tidak ada lagi masyarakat yang menyalakan televisi pada jam tersebut, namun mengisi waktunya dengan membaca Alquran. Selanjutnya, program Subuh Berjamaah dilakukan dengan menilai dan memberikan reward kepada jamaah masjid dan mushalla yang paling ramai,” ungkapnya.

Sambutan Walikota Solok Zul Elfian di Mushalla Babussalam, Batu Gadang, Simpang Rumbio, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Senin (20/5).

Zul Elfian juga mengingatkan, pada tanggal 14 hingga 22 Juni 2019, Kota Solok dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke XXXVIII tingkat Provinsi Sumatera Barat. Untuk itu, Wako mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta menyukseskan iven keagamaan ini.

“Kita jadikan ajang MTQ ini sebagai momen kebangkitan keislaman masyarakat Kota Solok, serta dapat memotivasi anak-anak Kota Solok menjadi penghafal Alquran. Sehingga nantinya, setiap rumah di Kota Solok minimal akan memiliki satu orang hafidz,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kota Solok juga menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 1,5 Juta untuk operasional mushalla.

Wawako Solok, Reinier, menyapa jamaah Mushalla Al Munawarah, Banda Balantai, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Selasa (21/5).

Dalam diskusi dengan jamaah, terungkap sejumlah kendala yang dihadapi masyarakat. Yakni terkait distribusi air bersih dan layanan kesehatan. Hal ini langsung ditanggapi Zul Elfian bahwa saat ini Kota Solok telah membangun instalasi sumber air baru dengan kapasitas 200 liter perdetik. Sehingga, dalam waktu dekat, pelayanan kebutuhan air masyarakat bisa lebih diperluas. Di bidang kesehatan, Kota Solok saat ini memiliki layanan kesehatan Program Solok Madinah Sehat, Cara Revolusi Sehat (Smash Care’s) atau biasa disebut PSC 119.

“Cukup hubungi 119 melalui telepon rumah atau handphone. Beri tahu keluhan dan lokasi, maka dalam hitungan menit, ambulans dan paramedis akan tiba di rumah warga memberikan layanan kesehatan. Jika harus dirujuk ke Puskesmas atau rumah sakit, akan langsung diantarkan. Perlu diingat, bahwa seluruh layanan tersebut tanpa bayar alias gratis. Meskipun nantinya dirujuk ke Padang, bahkan ke Jakarta, tetap gratis,” tegasnya.

Heranof Firdaus
Ketua PWI Sumbar

Terkait keberadaan TSR Khusus ini, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, Heranof Firdaus menyatakan Tim Ramadhan Khusus yang diisi wartawan di Kota Solok, merupakan terobosan baru yang sangat baik. Menurutnya, dalam satu hal itu makin menambah keimanan bagi wartawan. Sebab, keimanan itulah landasan bagi semua profesi dan semua pejabat, bahkan semua anggota masyarakat.

“Walikota Solok sangat benar mengutip ayat Alquran tentang rahmat Allah yang tercurah kepada negeri yang penduduknya beriman dan bertakwa kepada Allah. Ini menunjukkan Walikota sangat ingin menjadikan warganya menjadi orang yang beriman dan bertakwa. Relevan dengan sebutan Kota Solok sebagai Serambi Madinah. Madinah adalah kota terkenal dengan penduduknya yang beriman dan ramah terhadap tamu,” ujarnya.

Heranof juga mengharapkan agar misi Walikota bisa diterjemahkan oleh seluruh pejabat di kota Solok, mendapat dukungan dari ASN setempat dan semua stakeholder Kota Solok, termasuk insan pers.

“PWI Sumbar memberi apresiasi khusus kepada Walikota Solok, Zul Elfian, dalam membentuk Tim Ramadhan Khusus yang membawa seluruh wartawan di Kota Solok. Ini sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk masyarakat dan wartawan sendiri,” ujarnya.

Roni Natase
Ketua F-Kuwas

Senada, Ketua Forum Komunitas Wartawan Solok (F-Kuwas), Raunis Natase menyatakan pihaknya sangat bangga dengan adanya Tim Khusus ini. Menurutnya, hal ini merupakan bukti hubungan erat Pemko Solok dengan insan pers. Menurut pria yang akrab disapa Roni Natase tersebut, hal ini sangat penting dipertahankan ke depannya. Meski begitu, Roni menyatakan hal ini tidak serta merta “mematikan” daya kritis wartawan terhadap kebijakan Pemko Solok.

“Pemerintahan dan media merupakan mitra. Namun, daya kritis pers terhadap kebijakan dan program Pemko Solok tetap akan abadi. Sebab, mitra yang baik adalah mengapresiasi prestasi dan mengingatkan jika ada kekhilafan. Kita sangat mengapresiasi langkah Walikota Solok dalam membentuk Tim Ramadhan Khusus ini,” katanya.

Nurzal Gustim
Kabag Humas dan Protokol

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Pemko Solok, Nurzal Gustim, menyatakan bahwa Tim Ramadhan Khusus ini dibentuk sebagai bentuk apresiasi atas bantuan dan kerjasama rekan-rekan pers selama ini. Karena sebagai pilar keempat demokrasi, pers Kota Solok telah menunjukkan perannya.

“Insyaallah, jika ini dapat diterima rekan-rekan pers, kita akan teruskan di masa mendatang. Karena ini perdana tentu ada kurangnya. Namun ini merupakan langkah bagus untuk kemajuan daerah, sekaligus mewujudkan cita-cita Kota Serambi Madinah,” ungkapnya. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply