Gempa 5,3 SR Guncang Pasaman Barat, Tak Ada Kerusakan dan Korban

Gempa 5,3 SR Guncang Pasaman Barat, Tak Ada Kerusakan dan Korban

PASBAR – Gempa bumi mengguncang Pasaman Barat (Pasbar) pukul 18.04 WIB dengan magnitudo 5,3 skala richter, Senin sore (17/6). Pusat gempa berada 105 kilometer di sebelah Barat Daya Pasbar. Titik gempa berada di kawasan perairan, tepatnya di 0.36 Lintang Selatan dan 99.00 Bujur Timur, dengan kedalaman 23 kilometer. Meski guncangan gempa cukup kuat, namun Badan SAR Nasional (Basarnas) mencatat tidak ada kerusakan materil maupun korban jiwa akibat gempa tersebut.

Koordinator Basarnas Pasaman dan Pasaman Barat, Zulfahmi mengatakan gempa tersebut memang dirasakan warga di seluruh daerah tersebut.

“Berdasarkan laporan teman-teman PMI di seluruh Pasaman Barat, khususnya wilayah Pantai Sasak dan Air Bangis tidak ada kerusakan materil maupun korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Laporan itu kami terima sekitar pukul 18.41 WIB usai kejadian,” kata Zulfahmi seperti dikutip covesia.com.

Saat Gempa, katanya, banyak warga setempat yang terkejut dan berhamburan keluar rumah.

“Khususnya warga yang bermukim wilayah Pesisir Pantai Sasak dan Air Bangis sempat berhamburan keluar rumah takutnya ada tsunami. Tetapi, Alhamdulillah kita bersyukur dari keterangan BMKG, tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Basarnas tetap mengimbau warga mewaspadai gempa susulan. (PN-001)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply