Operasi Ketupat, Kapolsek Dorong Mobil Mogok dan Bersihkan Material Longsor

Operasi Ketupat, Kapolsek Dorong Mobil Mogok dan Bersihkan Material Longsor
Kapolsek Singkarak Iptu Ahmad Ramadhan memimpin personel Pos Yan Singkarak mendorong mobil mogok di depan gerbang Dermaga Singkarak, Sabtu (8/6).

Kisah Unik Pengamanan Lebaran Polres Solok Kota
* Kapolsek Dorong Mobil Mogok dan Bersihkan Material Longsor

SOLOK – Berbagai kisah unik dan menarik mewarnai Operasi Ketupat lebaran 1440 H di wilayah hukum Polres Solok Kota. Operasi Ketupat Polres Solok Kota terdiri dari empat pos, yakni dua pos pengamanan (Pos Pam) di depan Taman Syech Kukut dan Simpang Syamsidar Pandan Ujung, serta dua pos pelayanan (Pos Yan) di depan Dermaga Singkarak dan Sungai Lasi. Tidak hanya memastikan lalu lintas lancar, para personel Polres Solok Kota, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan, juga memberikan “layanan ekstra”. Seperti mendorong mobil mogok, membantu pemudik yang diare, hingga membersihkan material longsor.

Personel Polsek IX Koto Sungai Lasi bersama personel Dishub Kabupaten Solok membersihkan material longsor di Batang Pamo, Pianggu, Sungai Lasi, Kamis (6/6).

Kapolsek X Koto Dibawah (Singkarak) Iptu Ahmad Ramadhan bersama personel Pos Yan Operasi Ketupat Singkarak, melakukan evakuasi terhadap kendaraan roda empat jenis pick up yang mogok di sekitar palang pintu Rel kereta Api di dekat Mapolsek X Koto Dibawah, Sabtu (8/6). Akibat mogoknya kendaraan tersebut, jalur jalan lintas Sumatera di dekat Dermaga Singkarak, menimbulkan kemacetan panjang. Terutama, terhadap arus kendaraan dari arah Tikalak menuju Kota Solok.

Untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas dan antrian kendaraan di sepanjang jalan Dermaga Singkarak menuju Solok, Kapolsek X Koto Dibawah, Ka Pos Yan dan dibantu anggota Pos Yan Operasi Ketupat, akhirnya mendorong pick up tersebut ke titik yang agak lengang.

Tangkapan layar instagram Polres Solok Kota.

“Mobil pick up tersebut dalam kondisi mati total saat melewati perlintasan rel kereta api. Akibatnya, terjadi kemacetan. Sehingga, kami langsung berinisiatif mendorong kendaraan tersebut beramai-ramai,” ujar Iptu Ahmad Ramadhan.

Beruntung, salah seorang personel Pos Yan, Bripka Afridonal, yang mengerti dengan mesin mobil, kemudian memeriksa kondisi mesin mobil dan membantu memperbaikinya. Tak lama, kendaraan yang mengangkut warga yang berwisata tersebut bisa dapat melanjutkan perjalanannya kembali. Para penumpang pick up jenis Daihatsu Grand Max, BA 8602 HB, mengucapkan terimakasih kepada personel kepolisian.

Kapolsek Singkarak Iptu Ahmad Ramadhan memimpin personel Pos Yan Singkarak mendorong mobil mogok di depan gerbang Dermaga Singkarak, Sabtu (8/6).

Di Pos Yan Sungai Lasi, para personel Pos Yan melakukan pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan di Jorong Batang Pamo, Nagari Pianggu, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kamis (6/6). Pembersihan material longsor tersebut dipimpin langsung Kapolsek IX Koto Sungai Lasi Iptu Edy Yuhendra, didampingi Kasi Humas Ipda Firdaus bersama dengan personel Polsek IX Koto Sungai Lasi dan personel Dishub Kabupaten Solok. Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan korban materil. Usai dibersihkan, arus lalu lintas kembali lancar.

Pada Sabtu (8/6) sekira pukul 09.00 WIB, Pos Yan Sungai Lasi memberikan pertolongan kepada pemudik yang anaknya terkena diare saat perjalanan dari Padang menuju Riau.

Senyum tawa ceria penumpang mobil pick up saat mobilnya yang mogok didorong personel Pos Yan Singkarak, Sabtu (8/6).

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan Dt Pandeka Rajo Mudo mengapresiasi kinerja dua Pos Yan yang memberikan “layanan ekstra”, di luar kewajibannya memastikan kelancaran lalu lintas. Menurut Dt Pandeka Rajo Mudo, pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan secara total dan ikhlas. Perwira asal Kertapati, Palembang tersebut mengharapkan niat tulus seluruh anggota Polres Solok Kota ke masyarakat, semakin mendekatkan inatitusi Polri dengan rakyat.

“Seluruh anggota Polri adalah bagian dari masyarakat. Tentu, kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan para personel tersebut. Yakni berbuat melebihi tugas yang diembankan. Diharapkan ini menjadi contoh bagi personel lainnya, sekaligus mendekatkan institusi Polri ke masyarakat. Terus jaga sinergitas dengan institusi lain dan tunjukkan pengabdian yang tulus ke masyarakat,” harapnya. (rijal islamy)

Tonton videonya disini:

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply