Tuan Rumah, Kota Solok Target Lima Besar MTQ Tingkat Sumbar 2019

Tuan Rumah, Kota Solok Target Lima Besar MTQ Tingkat Sumbar 2019

MTQ ke-38 Tingkat Sumbar 2019 

Tuan Rumah, Kota Solok Target 5 besar

SOLOK – Berstatus sebagai tuan rumah, Kota Solok tidak mematok target tinggi dalam helatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Sumbar ke-38, 14-22 Juni 2019. Kota Beras Serambi Madinah (julukan Kota Solok), hanya menargetkan posisi lima besar. Target tersebut dinilai cukup realistis, sebab pada MTQ ke-37 di Padang Pariaman tahun 2017 lalu, Kota Solok menempati peringkat ke-8.
Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemko Solok, Heppy Dharmawan, menyatakan untuk mencapai target lima besar tersebut, sejumlah persiapan matang sudah dilakukan. Menurut Heppy, Kota Solok membidik target juara di sejumlah cabang. Yakni tilawah (irama), tartil (bacaan cepat) dan tahfidz (hafalan).
“Target utama kita adalah sukses pelaksanaan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan sukses prestasi. Khusus untuk prestasi, kita menargetkan masuk lima besar. Atau meningkat dibanding 2017 lalu yang berada di peringkat ke-8. Tilawah, tartil dan tahfidz menjadi harapan kita meraih prestasi. Mudah-mudahan target tersebut bisa kita capai,” harapnya.
Pada MTQ ke-38 ini, sebanyak 11 masjid, 3 gedung, 2 sekolah dan satu lapangan sepakbola akan menjadi tempat pelaksanaan seluruh cabang. Tiga gedung tersebut adalah Gedung Kubung Tigobaleh, Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Sport Hall Tanjung Paku. Sementara dua sekolah yang jadi venue, adalah MAN Kota Solok dan MTsN Kota Solok. Sedangkan Lapangan Merdeka Solok akan menjadi lokasi pembukaan dan penutupan, serta cabang paling bergengsi, Tilawah Dewasa dan Qiraat Alquran.

Sebanyak 1.066 kafilah dari 19 kabupaten/kota se-Sumbar, sudah mendaftarkan diri di sekretariat panitia. Sebagai tuan rumah, Kota Solok menurunkan 106 kafilah.

Wakapolres Solok Kota, Kompol Budi Prayitno, saat prosesi penyambutan kafilah di depan Balaikota Solok, Jumat (14/6).

Wakapolres Solok Kota Kompol Budi Prayitno, saat prosesi penyambutan kafilah di Balaikota Solok, Jumat (14/6), berharap seluruh kafilah dari 19 kabupaten/kota se-Sumbar, bisa menikmati seluruh rangkaian kegiatan MTQ di Kota Solok, Kota Beras Serambi Madinah. Sehingga, bisa mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik dan meraih prestasi.
“Satitiak jadikan lawik, sakapa jadikan gunuang (setitik jadikan laut, sekepal jadikan gunung). Mari bertanding secara sportif, maksimal dan penuh keyakinan. Mari nikmati MTQ ke-38 di Kota Beras Serambi Madinah,” ungkapnya.
Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Solok menegaskan kesiapannya untuk melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional, tingkat Sumatera Barat ke-38. Walikota Solok, Zul Elfian juga menegaskan bahwa MTQ Nasional tingkat Sumbar ini menurut rencana akan dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin pada15 Juni mendatang.

“MTQ ke-38 di Kota Solok ini merupakan momentum persiapan untuk MTQ Nasional 2020 di Sumbar. Alhamdulillah, semua tahapan berjalan lancar. Mimbar tillawah telah selesai, penginapan kafilah sudah siap untuk menerima tamu dan yang paling membanggakan, MTQ ini hampir dipastikan akan dibuka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin,” tegas Zul Elfian.

Zul Elfian mengatakan seluruh panitia sudah melaksanakan berbagai tahapan demi tahapan dalam mempersiapkan MTQ kali ini. Walikota yang akrab dipanggil “Buya” tersebut juga berterimakasih kepada Pemprov Sumbar yang selalu hadir dan memberikan dukungan kepada setiap kegiatan syiar agama di Kota Solok.

Wakapolres Solok Kota, Kompol Budi Prayitno, saat prosesi penyambutan kafilah di depan Balaikota Solok, Jumat (14/6).

MTQ Nasional tingkat Sumbar, akan diselenggarakan di Kota Solok mulai tanggal 14 hingga 22 Juni 2019 dan akan dibuka pada tanggal 15 Juni 2019 pukul 19.30 WIB di Lapangan Merdeka. Pada saat pembukaan kafilah akan dihibur dengan tari kolosal, pertunjukan laser, video mapping dan lantunan suara dari Grup Nasyid Raihan dari Malaysia.

Ustadz Derry Sulaiman juga akan memberikan siraman rohani. Sedangkan untuk memenuhi cinderamata dan oleh oleh dari Kota Solok, Pemko Solok akan menggelar bazar dan pameran produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Solok.

MTQ Nasional XXXVIII Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini, akan diikuti oleh 1.109 kafilah. Dengan pembagian lomba sebanyak 11 cabang, 34 golongan, 224 hakim dan panitera, serta 15 orang hakim pusat.

“MTQ ini merupakan agenda penting. Terutama dalam balutan jargon Kota Beras Serambi Madinah. MTQ kali ini tingkat Provinsi Sumbar dengan tuan rumah Kota Solok, tentunya diharapkan suksesnya akan melebihi gelaran MTQ sebelumnya. Dengan kerja keras dan dorongan kuat, kita harapkan pelaksanaan MTQ kali ini akan sukses melebihi MTQ sebelum-sebelumnya,” harapnya. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply