“Saya Belum Mau Pensiun”

“Saya Belum Mau Pensiun”

SOLOK – Usai Upacara Hut Bhayangkara ke-73, Polres Solok Kota melaksanakan acara syukuran di Aula Polres Solok Kota, Rabu (10/7). Acara syukuran dihadiri oleh Kapolres Solok Kota, PJU, Personil Polres Solok Kota, Ketua Bhayangkari Cabang Solok beserta anggota, Warakawuri serta Purnawirawan Polri.

Kapolres Solok Kota Membacakan Sambutan Kapolri Pada Acara Syukuran Hari Bhayangkara Ke-73

Acara syukuran diawali dengan pembacaan Sambutan Kapolri oleh Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.Ik.,M.H. Dalam sambutannya, Kapolri menyampaikan peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya penetapan Pemerintahan No.11 tahun 1946 yang mana melalui penetapan tersebut jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri ditetapkan menjadi jawatan sendiri yang langsung dibawah Perdana Mentri atau Presiden. Peristiwa 1 Juli tersebut menjadi momentum meleburnya berbagai elemen Kepolisian ke dalam satu Institusi Kepolisian yang bersifat Nasional.

Sampai saat ini Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sebagaimana yang diatur dalam undang-undang. Berbagai perbaikan dilaksanakan Polri selama 3 tahun terakhir melalui Program Promoter, dititikberatkan pada 3 kebijakan utama yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur dan manajemen media.

Tiga tahun implementasi Program Promoter telah menunjukan hasil baik, kepercayaan publik terus meningkat. Polri pada tahun 2016 termasuk dalam 3 institusi dengan kepercayaan publik rendah, dan saat ini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga kredibel, telah berada pada 3 besar lembaga yang dipercaya publik. Berbagai capaian yang diraih oleh Polri tersebut, akan mendorong Polri untuk terus melaksanakan perbaikan guna mendapatkan kepercayaan publik.

Polri juga siap menindak lanjuti 5 instruksi Presiden dan mempedomaninya dalam pelaksanaan tugas yaitu :

1. Meningkatkan kualitas SDM Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

2. Mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

3. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat secara konsisten dan berkelanjutan.

4. Meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan

5. Memperkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementerian / Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Kapolri juga menyampaikan agar memelihara stabilitas keamanan dalam negeri pasca pelantikan, sehingga pemerintah dapat melaksanakan program-program pembangunan dengan lancar, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pendapatan nasional.

Setelah membacakan Sambutan Kapolri, Kapolres mengajak seluruh personelnya untuk intorspeksi diri. “Mari kita jaga prestasi yang sudah kita raih dan mari kita fokuskan diri kita untuk introspeksi diri, tidak hanya keberhasilan saja yang selalu kita ingat-ingat, mari kita benahi banyak kelemahan dan kekurangan kita dan senantiasa berdoa agar kita diberi ketetapan hati untuk mengabdikan diri kita kepada masyarakat dengan tulus “, ujar Kapolres.

Setelah sambutan dari Ketua PP Polri dan Ketua Dian Kemala, Polres Solok Kota menggelar acara tradisi purnabakti 9 orang personil Polres Solok Kota yaitu Kompol Purn Sahril, IPTU Purn Lishardi, IPTU Purn Endrizal, IPTU Purn Yusra Arius, AIPTU Purn Dasrial, AIPTU Punr Edri Asmal, AIPTU Purn Suhardi, AIPTU Purn Mulyadi dan AIPTU Purn Onderus.

Sambutan IPTU Purn Lishardi

Acara diawali dengan sambutan dari personil yang purnabakti yang dalam hal ini diwakili IPTU Purn Lishardi. Dalam sambutannya, Lishardi menyatakan berkat berdinas di Kepolisian, akhirnya dia dipercaya masyarakat untuk menjabat sebagai Wali Nagari Di Kab. Sijunjung. “Kalo masih boleh, selagi bapak Kapolres masih disini, saya belum mau pensiun, saya mewakili rekan-rekan yang lain berterima kasih banyak atas bimbingan dan dukungan selama bertugas di Polres Solok Kota“, kata Lishardi, disambut sorak seluruh personel dan purnawirawan yang hadir.

Pemberian Cinderamata

Kapolres Solok Kota didampingi Ketua Bhayangkari Cab. Solok Kota Ny. Meiza Dony memberikan cinderamata kepada 9 orang personil yang purnabakti dan istri. Kemudian dilanjutkan dengan menghantar kesembilan personel tersebut melalui gerbang pora sampai dengan ke depan Polres. Setelah melalui pasukan pedang pora, personel yang purnabakti menyalami seluruh personil Polres dan bhayangkari yang berbaris menghantarkan mereka menuju masa purnabakti sampai ke pintu gerbang Polres.

Tradisi Pedang Pora

 

Personil Polres Solok Kota Dan Bhayangkari Berbaris Menghantarkan Personel Yang Purna

Tradisi ini rutin kami laksanakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada personel yang purna atas pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara, ini salah satu cara menjaga soliditas institusi, personel yang purna adalah kelurga besar Polri yang sekalipun pensiun tentu akan tetap memberikan dukungan terhadap pelaksanaan tugas Polri, Ujar Kapolres Solok Kota(SLK-001)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply