Wujudkan Polisi ProMoTer, Polres Solok Kota Jalin Kerja Sama dengan UMMY Solok

Wujudkan Polisi ProMoTer, Polres Solok Kota Jalin Kerja Sama dengan UMMY Solok

Polres Solok Kota Jalin Kerja Sama dengan UMMY Solok
* Dony: Wujudkan Polisi ProMoTer dan Raih WBBM

SOLOK – Terobosan dan inovasi kembali dilakukan Polres Solok Kota untuk memaksimalkan layanan dan pengabdian ke masyarakat. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personelnya di bidang akademik, Polres Solok Kota menjalin kerja sama dengan Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok. Kerja sama tersebut dititikberatkan pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Menyadari pentingnya rencana ini, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan Dt Pandeka Rajo Mudo, menjamu langsung Rektor UMMY Solok Prof Syahro Ali Akbar di Ruang Kerja Kapolres, Jumat (5/7). Turut hadir dalam kegiatan koordinasi tersebut, Kabag Ops Kompol Bresman Simanjuntak, Kabag Sumda Kompol Irwan Zani, Kasat Intelkam Iptu Luhur Fachri Utomo, dan KBO Intelkam Iptu Jufrinaldi. Sementara dari perwakilan UMMY Solok, Rektor Prof Syahro Ali Akbar didampingi Kabiro Administrasi Umum dan Keuangan UMMY Solok, Fauzi Rusli. Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan surat Informasi pendidikan Strata Satu (S1) nomor:515/R/AD-UMMY/VII-2019 tanggal 3 Juli 2019. 

Kapolres Dony Setiawan Dt Pandeka Rajo Mudo menyatakan pihaknya sangat antusias dengan rencana kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini, berawal dari kesamaan tugas dan tanggung jawab kepolisian dan perguruan tinggi. Terutama dalam bidang pengabdian dan pelayanan ke masyarakat. Serta mewujudkan polisi yang ProMoTer, yakni polisi yang profesional, modern dan terpercaya.

“Kami sangat antusias. Kepolisian dan perguruan tinggi, sama-sama memiliki tanggung jawab dalam pengabdian dan pelayanan ke masyarakat luas. Bedanya, kepolisian bidangnya di Kamtibmas dan penegakan hukum, sementara perguruan tinggi di bidang pendidikan. Namun, keduanya sama-sama memikul tanggung jawab untuk mengabdi ke masyarakat,” ujarnya.

Sejumlah poin koordinasi di Mapolres Solok Kota tersebut, Polres Solok Kota dengan UMMY Solok akan bekerjasama dengan UMMY Solok di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan SDM Personel Polres Solok Kota di bidang pendidikan, yakni pendidikan Strata Satu (S1).

“Salah satu aplikasinya, Kampus UMMY Solok membuka kelas khusus bagi karyawan/ti, instansi pemerintah dan Polri pada Tahun Akademik 2019/2020.
Kemudian, Kampus UMMY menjadwalkan jam perkuliahan khusus bagi personel Polres Solok Kota, karyawan/ti instansi pemerintah pada hari Rabu hingga Sabtu,” lanjut Dony. 

Sementara itu, Rektor UMMY Solok Prof Syahro Ali Akbar mengungkapkan pihaknya siap membantu Polres Solok Kota di bidang peningkatan SDM personel. Yakni untuk meraih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) setelah raihan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) diraih Polres Solok Kota pada 2018 lalu.

“Kita juga sangat antusias dengan kerja sama ini. Sebuah terobosan yang cemerlang dari Polres Solok Kota. Saat ini, seluruh Program Studi (Prodi) di Kampus UMMY Solok sudah terakreditasi B oleh BAN-PT, kecuali Program Studi Pendidikan Matematika dan Manajemen Informatika. Kita harapkan seluruh personel Polres Solok Kota yang belum bertitel strata 1 segera mendaftarkan diri di UMMY,” harapnya.

Usai pertemuan tersebut, Kapolres Dony Setiawan dan Rektor UMMY Syahro Ali Akbar menegaskan akan segera menyiapkan konsep dan dan launching kesepakatan ini melalui Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman.

“Segera kita siapkan konsepnya dan akan di-launching secara resmi,” ujar Dt Pandeka Rajo Mudo. (rijal islamy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply