Pemko Solok Lakukan Survey Terhadap Layanan Lapor!
SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Kominfo melakukan survey identifikasi persepsi publik terhadap program prioritas Pemko Solok melalui kuisioner dan sosialisasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor!) kepada masyarakat.Pada kegiatan ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok menurunkan 12 orang yang dibagi menjadi dua tim untuk melaksanakan survey dalam acara sosialisasi peraturan perundang-undangan kepada masyarakat oleh Bagian Hukum di Kecamatan Tanjung Harapan dan Lubuk Sikarah Kota Solok.
Kepala bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Alwa Dudi, ST, MM, selaku ketua tim menyebutkan tujuan kegiatan survey adalah untuk menjelaskan kepada masyarakat terkait pembangunan-pembangunan di Kota Solok. Kegiatan ini dilakukan selama 6 hari, dimulai 3 hari pertama dan 3 hari terakhir pada tanggal 6 s/d 17 Mei 2024.
“Survey identifikasi persepsi publik terhadap program prioritas Pemko Solok melalui kuisioner ini merupakan salah satu cara Dinas Kominfo menjaring pendapat dan pengetahuan masyarakat terhadap pembangunan di Kota Solok di tahun 2024 ini,” ujar Kabid IKP, Alwa Dudi.
Survey dan Monev ini dilakukan dengan cara memberikan sampel kuesioner kepada masyarakat dan masyarakat diminta untuk mengisi kuesioner tersebut. Berbagai tanggapan pun diterima oleh tim di lapangan seperti ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui pembangunan di Kota Solok dan ada juga yang telah mengetahuinya melalui media masa.
”Jadi, di sinilah peranan Dinas Kominfo untuk memberi tahu kepada masyarakat begitu banyak pembangunan yang dilakukan oleh Pemko Solok seperti, pembangunan masjid, pengaspalan jalan, pembuatan drainase jalan Kebun Sawit–Payo pembangunan embung Air Baku Batang Bingung, dan pelanjutan pembangunan jalan lingkar utara,” jelas Kabid.
“Tidak hanya pembangunan-pembangunan fisik, beberapa program pemerintah juga belum diketahui oleh masyarakat seperti, RSUD di Kota Solok akan mulai beroperasi pada tahun ini, program beasiswa bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah dan masih banyak lainnya,” tuturnya.
Di samping itu, brosur SP4N Lapor! juga dibagikan kepada masyarakat untuk mendapatkan keluhan permasalahan layanan publik melalui kanal aduan yang telah disediakan, sebagai komitmen Pemko Solok untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. (PN-010)
Post a Comment