News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dirut RS M Djamil Dukung RS Vertikal di Tarok City

Dirut RS M Djamil Dukung RS Vertikal di Tarok City

DIREKTUR Utama Rumah Sakit M Djamil, Dr dr Dovy Djanas, Sp.OG (K) KFM, Mars mendukung sepenuhnya rencana pembangunan Rumah Sakit (RS) Vertikal di kawasan Tarok City. Kehadiran RS Vertikal itu, bisa memperkuat RS M Djamil sebagai pusat pelayanan kesehatan.

Hal itu diungkapkan Dovy, ketika menerima mantan Kadiskes Padang Pariaman,dr Haji Aspinuddin, dan putra Kayutanam sekaligus salah seorang penggerak kawasan pembangunan Tarok City Bung Eric Khaidir, di RSUP M Djamil, Selasa lalu.

Rencana pembangunan Rumah Sakit Vertikal di Tarok City Kayutanam itu, sebetulnya sudah sejak lama, sejak Menkes Prof Nina Moeloek. Namun, diperbaharui lagi proposalnya oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Kadiskes Dr Aspinuddin, bulan lalu, dan disampaikan langsung kepada Menkes Budi Gunadi  di Kementerian Kesehatan.

Seluas 50 hektar tanah, sudah disiapkan Pemkab Padang Pariaman, di kawasan sejuk, kaki gunung Tandikek, Tarok City. 

Menurut Dovy, keberadaan Rumah Sakit Vertikal itu, kelak apakah sebagai UPT RSUP M Djamil, dapat mengcover berbagai penyakit seperti pelayanan jantung, pelayanan otak ataupun pelayanan kanker.

Dan, keberadaan RS Vertikal itu, nantinya juga menjadi salah satu RS yang menjadi pusat layanan kesehatan untuk Sumatera Tengah. "Tak perlu ke luar negeri untuk berobat, karena RS vertikal akan diisi tenaga kesehatan yang berkompeten di bidangnya. Prinsipnya, RS M Djamil mendukung keberadaan RS Vertikal di Tarok City," ujar Dovy.

Menurut dokter Aspinuddin, dalam pertemuan dengan Menkes, ketika penyampaian usulan oleh Bupati Suhatri Bur, pada prinsipnya juga Menkes Budi Gunadi menyatakan persetujuannya dengan rencana pembangunan RS Vertikal di Tarok City. Dan memerintahkan Dirjen terkait, untuk segera menindaklanjuti.

Kawasan Tarok City, menurut dokter Aspinuddin, adalah kawasan asri di kaki Gunung Tandikek, dengan pemandangan yang menghijau. Akan membantu percepatan pemulihan pasien, apalagi udaranya juga segar dan  suasana yang nyaman dan asri.

Sementara itu, tokoh perantau Kayutanam dan salah seorang pionir Tarok City,  Bung Eric Khaidir menyatakan bangga dan ucapan terimakasih atas respons serta dukungan luarbiasa Dirut RSUP M Djamil Dr dr Dovy terhadap RS Vertikal Tarok City. Karena, selain melengkapi pelayanan kesehatan, keberadaan rumah sakit itu,kehadiran RS tersebut, kelak juga akan berdampak secara ekonomi bagi masyarakat Kayutanam.

Sekarang, ujar Bung Erik, sudah dimulai kegiatan pembangunan kampus Institute Seni Indonesia (ISI),  mudah-mudahan akan dilanjutkan dengan kampus UNP dan Politeknik Padang. "Kita berharap dalam waktu dekat segera terwujud News Tarok City, sebagai sebuah kota pendidikan dan kesehatan moderen- mandiri," demikian Bung Eric Khaidir. (***) 

Oleh: Wiztian Yoetri, Wartawan Senior

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment