News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPMPPA Kota Solok Gelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender

DPMPPA Kota Solok Gelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender

 

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Dalam rangka mempercepat pelaksanaan implementasi Pengarusutamaan Gender pada setiap program pembangunan, sehingga dapat mewujudkan kesetaraan gender. Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) kembali menyelenggarakan sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Bagi Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD yang ada di Kota Solok, Rabu (10/7).

Kegiatan yang dihadiri oleh 35 orang peserta ini, dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak, Delfianto didampingi Sekretaris Ely Suryani dan Kabid PKHP, Merry Silvia Syaifitri.

Kepala DPMPPA menyampaikan salah satu amanah dalam Undang-Undang Dasar adalah negara menjamin hak setiap warga untuk menikmati dan berpartisipasi dalam pembangunan di berbagai bidang. Namun demikian akses, manfaat dan partisipasi dalam pembangunan, serta kontrol terhadap sumber daya antara penduduk perempuan dan laki-laki dirasakan belum memenuhi keadilan dan kesetaraan. Hal ini disebabkan oleh sistem sosial yang masih dipengaruhi budaya patriarki.

Hal ini juga mendasari terselenggaranya sosialisi Pengarusutamaan Gender di Kota Solok, yaitu untuk meningkatkan pemahaman mengenai gender dan perbedaan gender dengan Jenis kelamin, keadilan gender dan pengarusutamaan gender bagi instansi vertikal, BUMN dan BUMD. Serta meningkatkan pemahaman tentang peran instansi vertikal, BUMN dan BUMD untuk pelaksanaan implementasi pengarusutamaan gender dalam penyelenggaraan pembangunan. Selanjutnya, mendorong peningkatan peran serta kapasitas perempuan dalam program dan kerja pada instansi vertikal, BUMN dan BUMD.

“Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kota Solok masih merupakan tugas besar bagi kita semua, dapat dilihat dari angka indeks Pemberdayaan Gender (IDG) yang masih rendah pada tahun 2021 yaitu 55,46% dan pada tahun 2023 ada sedikit peningkatan menjadi 64,23%. Indeks Pemberdayaan gender ini menunjukkan apakah perempuan dapat secara aktif berperan serta dalam kehidupan ekonomi dan politik,” papar Delfianto di aula Kantor DPMPPA.

Sesuai dengan perannya, Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD mempunyai peran strategis sebagai pelaksana pelayanan publik, penyeimbang kekuatan-kekuatan swasta besar, dan turut membantu pengembangan usaha kecil/koperasi. Melalui Peran penting ini dapat mendorong peran perempuan untuk dapat mengoptimalkan kemampuannya dan kapasitasnya dalam organisasi/perusahaan dimana keberadaan perempuan akan memberikan produktivitas lebih karena keberagaman dalam suatu tim akan meningkatkan produktivitas perusahaan.

"Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini mampu membuka wawasan akan pentingnya kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kualitas perempuan dalam penyelenggaraan pembangunan Kota Solok semakin meningkat," harap Kepala DPMPPA.

Dalam kesempatan yang sama Fatmariza, M. Hum Dosen Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang yang juga merupakan Kepala Pusat Riset Gender dan Pembangunan UNP, selaku narasumber kegiatan ini menjelaskan secara rinci tentang kesetaraan gender dan pengarusutamaan gender (PUG). PUG merupakan strategi mengintegrasikan perspektif gender dalam pembangunan yang dimulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi seluruh kebijakan, program dan kegiatan pembangunan. PUG ditujukan untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan, yaitu pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh penduduk Indonesia baik laki-laki maupun perempuan.

“Kesetaraan gender dapat dicapai dengan mengurangi kesenjangan antara penduduk laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mengontrol sumber daya, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan proses pembangunan, serta mendapatkan manfaat dari kebijakan dan program Pembangunan,” tutup Fatma. (PN-010)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment