News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rahmat Hidayat Siap jadi Wabup Padang Pariaman

Rahmat Hidayat Siap jadi Wabup Padang Pariaman

Lama, merantau. Rahmat Hidayat, SE,MM, siap untuk mewakafkan diri menjadi calon wakil Bupati Padang Pariaman, periode 2024-2029.

Putra Kapalo Koto, Kecamatan Nan Sabaris itu, telah dideklarasikan, beberapa hari lalu, berpasangan dengan calon Bupati Padang Pariaman, Haji John Kenedy Azis, SH, MH.

Rahmat Hidayat, kandidat Doktor Ilmu Manajemen Universitas Pasundan itu, adalah alumni Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Palembang (S-1) dan almamater Program Magister Manajemen Universitas Riau (S-2).

Pada pilkada tahun 2020 lalu, sejumlah balihonya sempat terpampang diberbagai sudut Padang Pariaman, untuk mencalonkan diri, jadi Bupati atau Wakil Bupati Padang Pariaman, namun tiba-tiba putra Kombes Pol (Purn) Mukhlis Mansur, asal Kecamatan Sintuak Toboh Gadang (Sintoga), urung melanjutkan pergerakan.

"Ketika itu,  belum saatnya, mungkin tahun ini, baru momentumnya. Inshaa Allah bersama pak Haji John Kenedy Azis, saya siap untuk mendampingi beliau, sebagai cawabup," ujar Rahmat Hidayat mantap.

Rahmat Hidayat, selama ini, merantau di Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Rahmat mengelola hotel syariah Rafana, menjadi Komisaris dan sekaligus sebagai manajer. Berbagai organisasi telah diamanahkan kepadanya. Mulai dari organisasi perhotelan, Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) sampai kepada pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Indragiri Hulu.

Jabatan-jabatan yang diamanahkan kepada Rahmat Hidayat itu, meliputi,

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI), Bendahara APKASINDO, wakil Bendahara PKDP, wakil Bendaraha Pemuda Pancasila, Bidang Promosi,Investasi APINDO, Ketua Bidang Ekonomi dan Wakaf Ikatan Dakwah Indonesia, wakil Bendahara Pordasi, Bendahara HIPMi, serta Bidang Litbang dan Iptek Perpani Kabupaten Indragiri Hulu.

"Aktif dalam berbagai organisasi, sudah menjadi hobby saya sejak muda, karena dengan berorganisasi kita jadi terlibat dengan berbagai aktivitas masyarakat," ungkap generasi milenial ini.

Dan, kebiasaan serta kedekatan dengan masyarakat itu, yang mendorong Rahmat Hidayat, untuk maju jadi pemimpin di kampung halamannya, Kabupaten Padang Pariaman.

Ibarat pepatah, merantau kita dahulu, karena di rumah "Paguno Balun". Rahmat Hidayat ingin melanjutkan pengabdian, dengan bekal pengalaman dan ilmu pengetahuan yang telah diraihnya di rantau.

Kabupaten Padang Pariaman, di mata Rahmat Hidayat merupakan potensi besar dibidang ekonomi dan  pariwisata yang perlu menjadi perhatian.

Misalnya, produk UMKM yang tersebar di pelosok Nagari, harus dihidupkan, menjadi produk lokal berkualitas, sehingga mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat pada 103 Kenagarian.

"UMKM tersebut perlu diarahkan, dan dibantu untuk sektor permodalan. Seperti penjual minuman buah nipah disepanjang jalan Ulakan - Pariaman, mereka seperti kehilangan arahan. Mestinya, pedagang tersebut hadir dengan pondok permanen, dan ada tempat pembeli untuk beristirahat. Artinya, harus memiliki daya tarik," ungkap Rahmat.

Begitu juga untuk sektor pariwisata, Kabupaten Padang Pariaman, sangat lengkap dengan objeknya. Mulai dari adanya gunung, pantai, sungai, panorama indah, air terjun, semuanya sangat menarik untuk "dijual" kepada wisatawan.

Dan, keberadaan UMKM, serta objek- objek wisata tersebut, bisa menjadi bagian dari sumber ekonomi dan sekaligus sumber pendapatan daerah.

Berangkat dari realitas itulah, antara lain,Rahmat Hidayat, ingin pulang kampung, untuk mengabdi dan berbuat terbaik untuk Kabupaten Padang Pariaman. 

Selanjutnya, berbekal pengetahuan, dari seminar nasional yang diikutinya, dengan tema, peran manajemen inovasi untuk pertumbuhan berkelanjutan dan meningkatkan daya saing, Rahmat ingin mendorong generasi muda Padang Pariaman menjadi entrepreneurship yang handal. Kita harus lahirkan lebih banyak anak muda menjadi pengusaha  dan wiraswatawan kuat, dan petarung yang gigih dalam dunia usaha, jelas Rahmat, yang juga pernah jadi pemakalah seminar nasional, tentang peran Riset  Mahasiswa dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi pada Program Magister Pascasarjana Universitas Riau.

John Kenedy Azis dan Rahmat Hidayat, merupakab figur yang didorong oleh masyarakat rantau Piaman dan masyarakat ranah, untuk memimpin Padang Pariaman menuju Padang Pariaman yang lebih baik, dengan tagline "Basamo Mako Manjadi."

Selamat menuju Wakil Bupati Padang Pariaman, bung Rahmat Hidayat bersama  Cabup Ajo JKA, semoga masyarakat memilih dan Allah meridhoi!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment