News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

192 Orang Mahasiswa UMMY Solok Laksanakan KKN di Empat Wilayah Sumbar

192 Orang Mahasiswa UMMY Solok Laksanakan KKN di Empat Wilayah Sumbar

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Sebanyak 192 Orang Mahasiswa Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (Ummy) Solok dari berbagai Program Studi (Prodi) menggelar Coaching Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Gedung SKB, kampus II UMMY Solok, Sabtu (10/8/2024).

Coaching ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pembekalan terhadap mahasiswa yang akan diturunkan ke daerah daerah dimana mereka ditempatkan sebagai mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pada Coaching yang dilaksanakan oleh Ummy Solok tersebut, panitia mengangkat tema, "pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan ekonomi berbasis kearifan lokal".

Kuliah kerja nyata yang ke V ini direncanakan akan di laksanakan selama 40 hari ke depannya, dimulai dari tanggal 12 Agustus s/d 20 September 2024 mendatang.

Sementara untuk KKN tahun 2024 ini, UMMY Solok menetapkan 4 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat sebagai lokasi kuliah kerja nyata. Adapun daerah tersebut adalah, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang.

Kegiatan yg dilakukan di kota Padang panjang adalah kegiatan KKN mitigasi bencana, melaksanakan KKN di daerah terdampak bencana gunung merapi. Kegiatan KKN mitigasi ini di laksanakan selama 2 bulan. Dimana kegiatan mitigasi ini terpusat dikelola oleh provinsi Sumatera Barat. Alhamdulillah UMMY ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dari 192 peserta Kuliah Kerja Nyata tersebut, kampus UMMY Solok mengirimkan mahasiswa nya yang berasal dari Prodi Hukum, Manajemen, Akuntansi, manajemen informatika, Agroteknologi, Agribisnis, dan Peternakan.

Ketua panitia Dr. Tri Astuti, S. Pt, MP, menyebutkan bahwa kegiatan KKN tahun 2024 ini lebih mengarahkan mahasiswa nya untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan sumberdaya lokal.

"Insyaallah, mahasiswa Ummy Solok yang akan melaksanakan KKN akan di lepas dari kampus 1 Ummy Solok pada Senin, 12 Agustus 2024 nanti," terang Tri Astuti.

Ketua DPRD Kota Solok, Fauzi Rusli yang turut hadir dalam Coaching KKN mahasiswa Ummy Solok angkatan ke V tersebut berharap selama mengikuti kegiatan KKN, para mahasiswa mampu menempatkan diri di daerah yang akan di huni selama melaksanakan kegiatan KKN.

"Jaga etika dan tingkah laku selama melaksanakan KKN, berikan yang terbaik terhadap daerah KKN nya, sesuai dengan apa yang anda anda dapatkan selama di gembleng di kampus Ummy ini," papar Fauzi Rusli.

Terkait kegiatan Kuliah Kerja Nyata tahun ini, Rektor Ummy Solok, Prof. Dr. Ir. Syahro Ali Akbar berharap agar seluruh mahasiswa yang mengikuti KKN untuk mampu beradaptasi dan membawakan diri dengan baik di tempat KKN nya,

"Ibarat pepatah, Lain Padang Lain Belalang, Lain Lubuk Lain Ikannya. Artinya, berpandai-pandailah membawakan diri dengan masyarakat disana. Jaga sikap dan tingkah laku, jaga adab, norma dan etika. Jangan lupa, jaga juga nama baik kampus Ummy Solok,"

Kita berharap, selama mahasiswa melaksanakan KKN, tidak ada kendala serta tidak ada kejadian kejadian yang akan mencoreng nama baik kampus kita, ungkap Rektor Ummy Solok.

Berikut 12 lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ummy Solok tahun 2024:

Nagari Jawi Jawi Kabupaten Solok 

Kelurahan Tanah Garam Kota Solok

Nagari Supayang Kabupaten Solok

Nagari Sirukam Kabupaten Solok

Nagari sungai Nanam Kabupaten Solok

Nagari Salimpek Kabupaten Solok

Nagari Bukit Sileh Kabupaten Solok

Nagari Batu Bajanjang Kabupaten Solok

Nagari Sibarambang Kabupaten Solok

Nagari Simawang Kabupaten Tanah Datar

Nagari Tanjung Alai Kabupaten Solok

Kelurahan Gantiang Padang Panjang 

Selain itu, para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN juga mendapatkan Dosen pembimbing lapangan (DPL) dari kampus UMMY Solok, yakni:

Dr. Siska Yulia Defitri, SE, M. Si

Dr. Ir. Nurhaita, M.P

Dr. Yulia Nizwana, SH MH

Ir. Edwin Anwar, M.Kom

Yulfa Mulyeni, SH MM

Eri Arianto, SH MH

Dr. Seflidiana Roza, SE MM

Delsi Afrini, S.P, M.Si

Arfimasri, SE, MM

Ir. Friza Erlinda, M.P

Nurhayati, SE, MM

(PN-001)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment