News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Donorkan Darah 100 kali, PMI Kota Solok Kirim 3 orang Pendonor ke Jakarta

Donorkan Darah 100 kali, PMI Kota Solok Kirim 3 orang Pendonor ke Jakarta

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat dengan memberikan penganugrahan satyalancana kebaktian sosial kepada pendonor darah sukarela sebanyak 100 kali, PMI Kota Solok mengirimkan sebanyak 3 (tiga) orang peserta penerima SLKS untuk DDS 100 X tahun 2019-2020 untuk menerima penganugrahan satyalancana kebaktian sosial DDS 100 kali yang akan diserahkan langsung oleh Bapak Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin pada tanggal 5 Agustus 2024 bertempat di Hotel Sultan Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan.

Ketua PMI Kota Solok, Yutris Can, SE dalam acara pelepasan tiga orang pendonor darah sukarela yang digelar di Markas PMI Kota Solok mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada pendonor darah atas dedikasinya mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan, semoga apa yang telah disumbangkan untuk kemanusiaan menjadi suri tauladan serta menjadi ladang ibadah bagi kita semua. 

Yutris Can menyebutkan darah merupakan salah satu komponen penting bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah dan PMI merupakan salah satu organisasi kemanusiaan yang menyediakan pelayanan untuk kebutuhan darah bagi masyarakat.

"Mengingat dengan adanya pendonor darah secara sukarela dengan ikhlas tanpa pamrih telah mendonorkan darahnya mencapai 100 kali sudah sepantasnya untuk diberikan semacam penghargaan atau apresiasi oleh Pemerintah," ungkap Yutris Can.

Lebih lanjut Yutris Can menjelaskan bahwa pendonor darah yang akan menerima penghargaan satyalancana kebaktian sosial dari Pemerintah Pusat ditahun 2024 merupakan pendonor darah yang telah mencapai 100 kali terhitung dari tahun 2019-2020,berdasarkan surat pengurus pusat PMI tertanggal 19 juli 2024 menyebutkan bahwa peserta yang memenuhi persyaratan kelengkapan administrasi penerima anugerah Satyalancana Kebaktian Sosial DDS 100 kali untuk tahun 2019-2020 dari PMI Sumatera Barat sebanyak 28 orang yang terdiri dari 3 orang dari UDD PMI Kota Solok, 1 orang dari UDD PMI Kota Bukittinggi dan 24 orang dari UDD Kota Padang. 

"Beberapa tahun belakangan kegiatan pemberian penghargaan Satyalancana kebaktian sosial memang tidak ada yang disebabkan oleh bencana covid-19 sedang melanda Indonesia dan Alhamdulillah pada tahun 2024 ini Pemerintah Pusat Kembali melaksanakan kegiatan pemberian anugrah tanda kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial yang akan di hadiri sebanyak 1591 pendonor darah dari 26 Provinsi," ungkap Yutris Can. 

Kepala UDD PMI Kota Solok, dr.Putri Ramadhani dalam laporannya menyebutkan UDD PMI Kota Solok akan memberangkatkan tiga orang pendonor darah yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 100 kali pada tahun 2019-2020 untuk menerima penghargaan satyalancana kebaktian sosial dari Pemerintah pusat yang akan dilaksanakan pada Senin tanggal 5 Agustus 2024 di Hotel Sultan Jakarta Selatan.

Sementara itu untuk saat ini UDD PMI Kota Solok memiliki 5 orang pendonor darah yang telah mencapai 100 kali donor darah,namun yang diberangkatkan saat ini berdasarkan persyaratan administrasi yaitu sebanyak 3 orang sedangkan untuk pendonor 2 orang baru mencapai 100 kali donor setelah tahun 2020. 

Untuk tiga orang calon penerima penghargaan DDS 100 kali tersebut adalah, Fatmon yang beralamat di Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok yang telah mendonorkan darah sebanyak 145 kali, Maizul yang beralamat di Jalan Tembok Raya Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok telah mendonorkan darahnya sebanyak 105 kali dan Safril beralamat di jalan Marahadin Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok yang mendonorkan darah sebanyak 100 kali.

"Untuk pendonor atas nama Maizul telah meninggal dunia pada tahun 2022 lalu dan untuk menerima penghargaan akan di wakili oleh anak kandung dari Almarhum," ujar kepala UDD PMI Kota Solok. (PN-001)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment